Kemendagri Minta Pemkab Anggarkan Pembangunan Kota Baru Mandiri

Kepala BPKAD Bulungan P Tumanggor saat mengikuti rapat koordinasi dengan Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI, Drs Rooy John E Salamony secara zoom meeting di Ruang Rapat Sekda, Rabu (21/4).

KAYANTARA.COM,TANJUNG SELOR-Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan mengalokasikan anggaran untuk Pembangunan Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor pada APBD Kabupaten Bulungan.

Menyikapi hal tersebut, Pemkab menyatakan akan berupaya menganggarkan dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan, meski sebenarnya sejumlah infrastruktur telah dibangun atau ditingkatkan untuk mendukung KBM Tanjung Selor.

“Sebagai tindak lanjut kita berharap Pemkab Bulungan menganggarkan pada APBD apakah Rp1 miliar atau lebih untuk mendukung Pembangunan KBM Tanjung Selor,” pesan perwakilan Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI, Drs Rooy John E Salamony dalam zoom meeting di Ruang Rapat Sekda pada Rabu (21/4).

Dijelaskan, adanya penganggaran merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan KBM Tanjung Selor.

Sementara, Pemkab Bulungan diwakili Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), P Tumanggor, SE, MM menyampaikan, Pemkab akan berupaya menganggarkan meski saat ini kemampuan keuangan daerah masih terdampak pandemi Covid-19 sehingga mengalami refocussing.

“Dampak Covid-19 sangat berat bagi semua pemerintah daerah termasuk di Kabupaten Bulungan tapi kami akan berupaya menganggarkan sesuai dengan kemampuan keuangan,” ucapnya.

Sementara, Sekretaris Bappeda dan Litbang, Kristiyanto, SP, MT menambahkan, Pemkab Bulungan sebenarnya telah menyisihkan anggaran pembangunan yang termasuk dalam wilayah KBM Tanjung Selor.

“Seperti peningkatan jalan, drainase dan infrastruktru lainnya di wilayah Tanjung Selor itu merupakan bagian dari mendukung akses KBM,” imbuhnya. Dalam kesempatan itu Rooy Salamoy Keuangan Daerah Kemendagri menyampaikan akan segera membuat laporan kepada atasan agar apa yang menjadi kendala di Kabupaten Bulungan dapat menjadi perhatian bersama demi pemekaran KBM Tanjung Selor. (hms)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here