Hari Pramuka ke-60, Gubernur Serukan Sikap Empati dan Saling Menolong

KAYANTARA.COM, TIDENG PALE – Peringatan Hari Pramuke ke-60 tahun 2021 serentak dilaksanakan hari ini, Sabtu (14/8/2021).

Tak terkecuali di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang dipusatkan di Kabupaten Tana Tidung (KTT).  Hari Pramuka kali ini mengusung tema “Berbakti Tanpa Henti”.

Melalui Gubernur Kaltara, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso dalam sambutannya mengajak seluruh anggota Gerakan Pramuka untuk terus berbakti membantu, berbagi kepada sesama.

“Peringatan Hari Pramuka ke-60 tahun ini masih dalam situasi pandemi. Sesuai tema dan slogan yaitu ‘Pramuka Berbakti Tanpa Henti Dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional”, saya mengajak mari kita semua memerangi pandemi Covid-19 ini,” paparnya.

Seruan tersebut tak terlepas dari Gerakan Kepedulian Nasional dengan cara mewujudkan sikap empati dan menolong sesama.

Olehnya itu, Gubernur kembali mengajak kepada seluruh Gerakan Pramuka di kabupaten/kota baik dimulai dari kwartir ranting, daerah hingga gugus depan untuk turut serta membantu mewujudkan gerakan tersebut.

“Pada bulan Agustus ini kegiatan bakti tersebut mari kita tingkatkan dan dilipatgandakan. Karena kondisi pandemi saat ini telah berdampak pada banyak hal, termasuk pada kegiatan kepramukaan,” pinta Gubernur.

“Walaupun kita bergembira dalam peringatan Hari Pramuka tahun ini, namun karena berada di tengah pandemi membuat kita harus displin, menahan diri, prihatin dan berusaha membantu menanggulangi pandemic tersebut,” tambah mantan Wakapolda Kaltara ini.

Selain Bupati KTT Ibrahim Ali, A.Md, dan kepala daerah lainnya, dalam kesempatan itu seluruh pengurus pramuka mulai dari Kwartir Daerah, Cabang serta Ranting termasuk Gugus Depan, pelatih di pusat-pusat pendidikan dan pelatihan Gerakan Pramuka, serta anggota Pramuka juga turut hadir, baik tatap muka maupun secara virtual.

Sebelum mengakhiri Peringatan Hari Pramuka yang pertama kalinya dilaksanakan di KTT, dalam kesempatan itu Gubernur juga memberikan penghargan secara simbolis pembina Pramua di Bumi Benuanta.

Di antaranya Bupati KTT Ibrahim Ali, Wakil Bupati Hendrik, Bupati Bulungan Syarwani beserta Wakilnya Ingkong Ala, Wakil Bupati Nunukan Hanafiah, Wakil Bupati Malinau Jakaria dan Sekda Provinsi Kaltara Suriansyah.

Tak hanya itu, Gubernur juga memberikan penghargaan kepada para pemenang lomba Pramuka tentang adaptasi kehidupan baru. (adpim)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here