Gedung Baru SMP Negeri 1 Malinau Kota Diresmikan

KAYANTARA.COM, MALINAU – Gedung baru SMP Negeri 1 Malinau Kota yang beralamat di Jalan Raja Alam RT 13 Kabupaten Malinau diresmikan.

Peresmian dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H.Zainal A.Paliwang, SH, M.Hum yang didampingi Wakil Gubernur, Dr Yansen TP, M.Si, Sabtu (14/8/2021).

Gubernur mengatakan berdirinya gedung baru SMP ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa, khususnya generasi muda yang ada di Kabupaten Malinau.

“Dengan penyediaan sarana pendidikan ini, diharapkan akan muncul generasi penerus bangsa yang cerdas, bermoral dan taat pada hukum serta agama,” harap Gubernur dalam sambutannya.

Menurutnya, selain untuk kelancaran pelaksanaan proses belajar mengajar, keberadaan gedung sekolah yang refresentatif akan mendatangkan banyak manfaat.

Gedung ini nantinya dapat dijadikan tempat untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan serta potensi seni dan olahraga bagi para siswa.

“Saya berharap dari sekolah ini nantinya akan terlahir siswa-siswi yang berprestasi, baik itu prestasi akademis maupun nonakademis, serta dapat membawa harum nama Kabupaten Malinau dan Provinsi Kaltara yang kita cintai ini,” ujarnya.

Gubernur menambahkan, Pemprov Kaltara memiliki komitmen yang tinggi dalam upaya mewujudkan visi Kaltara yang Maju, Berubah dan Sejahtera.

Salah satunya adalah melalui pembangunan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, kreatif, inovatif, berakhlak mulia, produktifitas dan berdaya saing dengan berbasiskan pendidikan wajib 16 tahun dan berwawasan kebangsaan.

Untuk mendukung komitmen tersebut, jelas dia, diperlukan sinergi dan kolaborasi serta komunikasi yang baik antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten.

“Karena apabila dilihat dari kewenangan yang menjadi kewenangan pemkab adalah pendidikan usia dini dan nonformal serta pendidikan dasar (SD dan SMP). Sementara itu, pendidikan (SMA dan SMK) dan pendidikan khusus menjadi kewenangan Pemprov,” tuturnya. Peresmian gedung baru SMP Negeri 1 Malinau Kota ini juga disaksikan Bupati Malinau, Wempi W.Mawa, Sekda Provinsi Kaltara Suriansyah serta Forkopimda di lingkungan Pemkab Malinau. (adpim)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here