Peringati Hari Ozon Sedunia, Pertamina EP Tatakan Gelar Aksi Penyelaman di Tanjung Pasir

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Memperingati Hari Ozon Sedunia dan Penyelamatan Lingkungan Pesisir, PT Pertamina EP Tarakan Field menggelar aksi penyelaman di wilayah Kota Tarakan, tepatnya di Tanjung Pasir.

Instruktur selam Erik Akbar mengatakan aksi penyelaman tersebut dilakukan untuk mengetahui ekosistem laut di perairan Tarakan.

“Kami lakukan penyelaman untuk melakukan pendataan potensi bahwa air di kota Tarakan tepatnya di Tanjung pasir,” ujarnya

Ia menjelaskan dalam proses penyelaman dirinya dan tim menemukan beberapa hal yang luar biasa di dalam perairan di Tanjung Pasir.

Di antaranya Ikan yellow yang bermain LeDi daerah karang yang masih original dan belum tersentuh dan beberapa soft coral yang berwarna warni.

“Mengetahui hasil laut di di Tanjung Pasir yang begitu luar biasa ternyata dapat dikembangkan menjadi objek wisata penyelaman di Kalimantan Utara,” ungkapnya

Selain melakukan penyelaman, kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari oleh tim yang bekerja luar biasa dengan mengedukasi masyarakat tentang pemahaman pengolahan hasil perikanan.

“Bersama dengan tim yang ada kami melakukan edukasi kepada masyarakat sekitar tentang penggunaan pendingin ruangan dengan meminimalisir penggunaan di rumah-rumah penduduk serta mengedukasi masyarakat pesisir tentang pengolahan hasil perikanan tangkap,” ujarnya

Dalam rangka upaya penyelamatan lingkungan dan horizon oleh PT Pertamina EP asset 5 Tarakan Field diadakan kegiatan yang melibatkan beberapa stakeholder termasuk salah satunya adalah fakultas perikanan Universitas Borneo Tarakan, Saka Pariwisata Disbudpar Tarakan, Harpodon diving klub Fakultas Perikanan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah membantu dalam kegiatan CSR PT Pertamina EP Asset 5 Tarakan,”ucapnya

Tindaklanjut dari kegiatan ini adalah akan dikoordinasikan dengan PT.Pertamkna EP Tarakan perihal pengembanganan ekosistem kelautan hayati di Tanjung Pasir. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here