Akhir November, Wali Kota Tarakan Optimis Vaksinasi Tercapai 80 Persen

Vaksinasi massal yang digelar DPD Partai Gerindra di Tarakan, pagi tadi. (Foto: Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Program vaksinasi Covid-19 di Kota Tarakan ditargetkan tercapai 70 persen hingga 8 November 2021.

Hal itu disampaikan Wali Kota Tarakan dr Khairul, M.Kes, saat meninjau kegiatan Vaksinasi Massal yang dilaksanakan DPD Partai Gerindra Kaltara, di SD Negeri 008 Lingkas Ujung, Rabu (3/11/2021).

Dalam serbuan vaksinasi di Kecamatan Tarakan Timur tersebut menyasar 1.200 orang penerima dosis pertama yang berusia 12 tahun ke atas.

“Presiden Jokowi menargetkan capaian vaksinasi 70 persen di akhir tahun ini. Tapi untuk di Tarakan capaian 70 persen itu akan terealisasi sebelum tanggal 8 November nanti. Sementara di akhir November 80 persen,” kata Khairul.

Optimisme Kepala Daerah bercermin pada capaian vaksinasi 68 persen pada 2 November 2021. Dengan begitu, percepatan pencapaian kekebalan kelompok (herd immunity) di wilayah Tarakan bisa segera terwujud.

“Kalau masyarakat Tarakan yang sudah tervaksinasi sampai saat ini berjumlah hampir

150-an ribu orang untuk usia 12 tahun ke atas,” sebutnya.

Setelah tercapai 80 persen, lanjut Khairul, vaksinasi selanjutnya akan menyasar warga lanjut usia (lansia) dengan target capaian 60 persen pada dosis kedua.

“Vaksinasi lansia sampai saat ini tercatat 48 persen. Artinya masih ada 12 persen lagi. Sisanya ini kita upayakan. Jadi kami sarankan untuk vaksinasi lansia dilakukan di fasilitas layanan kesehatan. Karena lansia ini perlu penanganan lebih spesifik, makanya agak lambat,” tambah Khairul. (kt1)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here