Gubernur Zainal Raih Penghargaan Indonesia Awards 2021

KAYANTARA.COM, JAKARTA – Belum genap setahun memimpin Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), kali ini Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang menerima penghargaan dalam ajang Indonesia Awards 2021 kategori digital transformation sebagai ‘population administration system for Inland and border area’, yang diselenggarakan stasiun televisi iNews, Rabu (24/11) petang.

Hadir di antara kepala daerah dan menteri Indonesia, Gubernur Zainal tampil nyentrik dengan batik dan singal khas Kaltara.

Gubernur Zainal mengucapkan terima kasih kepada iNews Tv dan segala pihak yang terlibat terselenggaranya Indonesia Awards 2021, penghargaan yang diraih tentunya ini hasil jerih payah bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, khususnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kaltara.

“Ini semua tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan Dinas Dukcapil Kaltara yang bekerja keras di masa pandemi. Tidak mengenal lelah, tidak mengenal tempat dan tidak mengenal pamrih jadi terima kasih kepada anggota saya seluruh Dinas Dukcapil Kaltara yang sudah bekerja keras membuat suatu inovasi-inovasi untuk mendapatkan penghargaan ini,” ujar orang nomor satu di Bumi Benuanta ini.

Sebagai wilayah dengan medan geografis yang memiliki tantangan tersendiri. Jadi butuh suatu upaya yang inovatif dalam hal pemberian pelayanan masyarakatnya. Tantangan tersebut menjadi penyulut untuk lebih kreatif lagi agar pemerataan pelayanan dapat menjangkau seluruh wilayah Kaltara.

“Kaltara medan geografis pegunungan, laut, dan sungai. Suatu daerah manakala banyak tantangan insyaallah akan banyak inovasi yang muncul,” jelas Gubernur.

Gubernur Zainal pun berharap ajang penghargaan seperti Indonesia Awards 2021 terus dilaksanakan setiap tahunnya. Guna menjadi pemicu bagi insan ataupun daerah terus terus bergejolak dalam hal melahirkan inovasi-inovasi yang bermanfaat seperti di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Acara ini luar biasa, mudah-mudahan ini berlanjut setiap tahunnya dan untuk menambah semangat seluruh masyarakat Indonesia. Walaupun pandemi Covid-19 masih ada, kita berharap pandemi selesai dan Indonesia kembali untuk hidup normal di tahun yang akan datang,” katanya.

Gubernur Zainal pun berujar untuk meningkatkan kinerja di lingkup Pemprov Kaltara, tak ayal ia sering terjun langsung ke lapangan. Tujuannya tentu untuk memastikan laporan data yang diterima sesuai dengan yang di lapangan. Serta melihat kendala-kendala yang dihadapi di lapangan.

“Jadi kita memang harus selalu turun ke lapangan untuk mengetahui secara de facto bahwa benar sudah terjadi A, sudah terjadi B, sudah terjadi C,” ujar mantan Wakapolda Kaltara.

Untuk diketahui, ini merupakan inovasi Disdukcapil Kaltara yang melahirkan SiPelandukilat Smart. Sebuah program yang bertujuan memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan secara tepat, akurat, lengkap dan gratis.

Gubernur Zainal berharap bersama segenap masyarakatnya untuk dapat mewujudkan Kaltara yang Berubah, Maju dan Sejahtera. “Tahun depan Kaltara lebih hebat dari tahun ini karena Desember ini Presiden datang lagi untuk melakukan peletakan batu pertama untuk proyek-proyek strategis nasional di Kaltara,” tutupnya. (el.r/dkispkaltara)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here