175 Pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional Pemprov Resmi Dilantik

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A. Paliwang hari ini telah melantik sebanyak 175 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltara dalam di Ruang Serbaguna Gedung Gabungan Dinas Kaltara, Jumat (31/12).

Total 175 orang tersebut terdiri atas; 43 orang pejabat administrator, 38 orang pengawas, dan 94 orang pejabat fungsional. Untuk jabatan fungsional, merupakan pelaksanaan dari penataan dan penyederhanaan birokrasi guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efesien.

Dalam arahannya, Gubernur menyampaikan bahwa penentuan promosi dan rotasi pejabat merupakan hal yang lumrah dalam penyelenggaraan pemerintahan, dan dilaksanakan sesuai dengan mekanisme dan ketentuan perundang-undangan.

Pada kesempatan ini, Gubernur Zainal mengajak seluruh ASN untuk bijaksana dalam menanggapi isu-isu yang beredar terkait keputusan penetapan pejabat ini.

“Pertemuan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) kemarin, saya pimpin langsung. Jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya kepada Gubernur,” terangnya.

Ia juga meminta kepada pejabat yang telah dilantik untuk menjalankan tugas dan fungsinya dengan penuh semangat dan tanggung jawab. Memberikan kinerja yang terbaik, dedikasi dan loyalitas yang tinggi, untuk memberikan pelayanan yang prima dan berkualitas kepada segenap masyarakat Kalimantan Utara.

“Saya ingatkan, bahwa kita ASN adalah pelayan masyarakat. Saya selaku gubernur juga pelayan masyarakat. Mulai dari gubernur sampai pangkat paling bawah, kita sama-sama adalah pelayan masyarakat. Kita bukan dilayani, kita harus memberikan pelayanan yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing,” pesannya.

Menurutnya, jabatan yang diberikan kepada seseorang adalah bentuk kepercayaan karena orang tersebut dianggap mampu. Kemampuan tersebut dinilai dari penilaian kinerja dengan tetap melakukan pertimbangan yang berdasarkan objektivitas, kepangkatan, kompetisi, kinerja, dan pengalaman sehingga dapat menempatkan orang yang tepat pada posisi dan pekerjaan yang tepat.

“Saudara yang dilantik hari ini, saudara seharusnya bersyukur karena tidak semua orang memiliki kesempatan untuk saya percaya. Sebab itu, tunjukan kinerja yang baik. Setiap tiga bulan saya akan evaluasi,” imbuhnya.

Selanjutnya, di tengah kemajuan industri 4.0, ia mengharapkan agar para pejabat yang telah dilantik tersebut dapat menciptakan inovasi guna mendukung pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan. Tidak hanya itu, cara kerja juga diupayakan lebih efektif dan efesien.

“Ingat dan resapi selalu Core Values ASN Indonesia, yaitu BerAKHLAK. Dan laksanakan tugas-tugas dengan bangga, sesuai dengan slogan Bangga Melayani Bangsa,” ujarnya. (ahy/dkispkaltara)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here