Agora Research Center Resmi Dilaunching, Wali Kota Paparkan Pemberdayaan Usaha Rumput Laut

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M. Kes., menghadiri acara launching Agora Research Center dan Seminar Kebijakan Publik, Minggu (13/2/2022).

Acara di Audiotorium Diamond Hotel Tarakan,

 ini mengangkat tema “Hubungan Kerjasama Pemerintah Daerah dalam Peningkatan Produksi dan Daya Saing Ekspor Rumput Laut di Provinsi Kalimantan Utara”

Ketua Komisi II DPRD Kaltara, Ahmad Usman, SH, Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kaltara turut hadir dalam kesempatan tersebut.

Termasuk Asisten II Pemkot Tarakan, Suparlan, ST., MT., Dewan Agora Research Center, dr Ari Yusnita, Rukhi Syayahdi, Direktur Esekutif Agora Research Center, Zul Kasman, S.Sos., M.Si., serta para peserta Diskusi Publik.

Dalam sambutannya, Wali Kota Tarakan menyambut baik keberadaan lembaga riset ini. “Keberadaan lembaga ini tentunya sangat strategis bila kita maksimalkan keberadaannya untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Kota Tarakan dan seluruh pemangku kepentingan,” ujar Wali Kota.

Di kesempatan yang sama, Wali Kota juga menjadi narasumber dalam diskusi publik. Sesuai dengan tema, ia memampatkan berbagai upaya strategis pemerintah dalam pemberdayaan usaha rumput laut.

“Potensi rumput laut, khususnya di Kota Tarakan, bersamaan dengan sektor perikanan, pertanian, dan kehutanan menopang 10,7 persen dari struktur perekonomian kota dan menyediakan lapangan kerja bagi ribuan masyarakat. Sejalan dengan itu, Pemerintah Kota Tarakan menempatkan sektor perikanan menjadi salah satu program unggulan,” ujar Wali Kota seraya menguraikan langkah-langkah yang telah dilakukan Pemkot Tarakan.

Antara lain melalui pendampingan, pemberian bantuan teknis, dan dukungan lainnya untuk mengatasi permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh sektor budidaya rumput laut. (hms)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here