Peringati Hari Mangrove Sedunia, Lantamal Tarakan Tanam 5.000 Mangrove di Pantai Amal

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Peringati Hari Mangrove Sedunia 2022, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIII Tarakan menggelar penanaman 5.000 batang pohon mangrove di Pantai Amal Lama, Tarakan.

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia dengan penanaman sekitar 1.000.377 di 77 lokasi yang dipimpin secara virtual oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, Selasa (26/7/2022).

Komandan Lantamal XIII Tarakan, Laksamana Pertama TNI Fauzi, S.E., M.M., M.Han mengatakan kegiatan ini bertemakan sinergitas penanaman mangrove nasional secara serentak tahun 2022 merupakan program yang diarahkan langsung oleh Kasal untuk penanggulangan bencana dan perubahan iklim global.

“Oleh karena itu, peran Angkatan Laut sangat besar untuk mengadakan tindakan dalam pencegahan itu, saat ini 10 wilayah yang ada di Indonesia secara serentak melaksanakan penanaman mangrove sekaligus untuk memecahkan rekor Muri,” ujarnya

Fauzi juga menekankan bahwa AL selalu berkomitmen untuk penanaman mangrove bukan hanya sebuah seremoni tetapi akan terus menuntaskan demi kesejahteraan masyarakat yang akan ditanami pohon mangrove.

“Untuk wilayah Tarakan itu sendiri, kita tanami 5.000 pohon mangrove dan akan terus berlanjut. Selain itu, besar harapan kami masyarakat juga ikut terlibat dalam penanaman pohon mangrove ini,” ucapnya.

Lanjut Fauzi menerangkan, keterlibatan masyarakat dalam proses penanaman mangrove sangat penting.

Oleh karenanya, ia mengajak bersama-sama melaksanakan penanaman mangrove ini untuk kesejahteraan masyarakat bersama.

“Di wilayah Lantamal XIII itu sendiri, pihaknya masih melakukan penanaman di daerah Kota Tarakan dan akan kita rencanakan sampai di KBN serta wilayah-wilayah lain yang abrasinya sudah terlihat membahayakan,” tutupnya. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here