TNI AL Evakuasi Korban Tenggelamannya Speedboat di Perairan Tanjung Batu

Evakuasi korban tenggelamnnya speedboat non reguler di perairan Tanjung Batu

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Responsif prajurit TNI AL Lantamal XIII Tarakan turut serta dalam membantu jalanya evakuasi korban tenggelamnya speedboat Bang Baron 02 di perairan Ulingan Tanjung Batu, Kalimantan Timur, Selasa (3/1/2022)

Prajurit TNI Angkatan Laut (AL) yang tergabung dalam proses evakuasi ini adalah Pos Angkatan Laut (Posal) Tanjung Batu dan Pos Angkatan Laut (Posal) Derawan  dalam pelaksanaan pengamanan wilayah perairan yang yang berada wilayah kerja Komando Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XIII Tarakan, yang bekerjasama dengan instansi setempat diantaranya Polsek P. Derawan, Babinsa Koramil Derawan, Dishub Pelabuhan Tanjung Batu, Polairud Polres Berau, Puskesmas Tanjung Batu dan Warga sekitar.

Berawal dengan koordinasi Danposal Tanjung Batu yang  menerima informasi via telpon dari Sdr. M. Andi (Korban penumpang Speed Boat) bahwa Speed Boat “Bang Baron 02” yang ditumpanginya mengalami kebocoran dan tenggelam di Perairan Ulingan Tg. Batu pada koordinat 118 05 50 T – 02 13 50 U sebelah selatan Pelabuhan Tanjung Batu jarak ± 5 Nm dan membutuhkan dua unit speedboat ukuran 200 PK untuk proses evakuasi.

“Korban yang berjumlah 26 orang dewasa dan 8 orang anak-anak merupakan rombongan wisata dari PT. PAMA Tanjung Redeb yang selesai melaksanakan wisata di Pulau Derawan dan semua korban telah berhasil dievakuasi dengan selamat dan diteruskan dengan perawatan secara intensif di Puskesmas Tanjung Batu,” kata Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Fauzi.

Selain itu, penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam meningkatkan kesiapan operasional alutsista dan satuan operasi diikuti dengan kemampuan (kapabilitas) untuk menjaga tugas-tugas bersifat multidimensi.

“Dalam Hal ini seluruh prajurit Lantamal XIII akan selalu siap dalam kegiatan pengamanan wilayah perbatasan NKRI serta dalam pelaksanaan search and rescue (SAR) di perairan yang berada dibawah wilayah kerja Lantamal XIII Tarakan untuk membantu masyarakat yang dalam pelaksanaan tentunya selalu bekerjasama dengan Instansi dan lembaga terkait dan seluruh masyarakat,” tegas Laksma Fauzi. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here