Pemprov Kaltara Gelar Lomba Kades Berprestasi

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Lomba Kepala Desa Berprestasi di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Tahun 2023 resmi digelar. Ini merupakan salah satu implementasi dari Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Seperti diketahui, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kaltara, Edy Suharto meresmikan Lomba Kepala Desa (Kades) Berprestasi tingkat Provinsi Kaltara itu pada, 3 Mei 2023.

Lomba ini akan mempertandingkan pencapaian serta prestasi Kades. Mereka (para kades,red) akan melaksanakan sesi pemaparan dan wawancara dihadapan para dewan juri.

“Hal ini sesuai Permendagri No. 2/2007 tentang, Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan,” kata Edy Suharto, Rabu (3/5/2023) belum lama ini.

Bahkan, lanjut Edy, Gubernur Kaltara Drs. H. Zainal A. Paliwang, S.H., M.Hum bakal memberikan penghargaan bagi mereka yang terpilih sebagai Kades Berprestasi Terbaik.

“Bapak Gubernur juga akan memberikan penghargaan bagi para Kades yang terpilih sebagai Kepala Desa Berprestasi Terbaik,” tuturnya.

Edy mengharapkan para Kades dapat memberikan inovasi serta penemuan-penemuan dalam pekerjaan sehari-hari. Misal dalam penyederhanaan urusan pemerintahan.

“Tak hanya berprestasi, kepala desa juga dituntut harus mampu menggali potensi desa menghasilkan sumber-sumber pendapatan sebagai modal melaksanakan pembangunan desa,” harapnya.

Sebagai informasi, bagi Kepala Desa terpilih atau berprestasi di tingkat provinsi akan diundang oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemedagri) di Jakarta. “Ya mudah-mudahan salah satunya itu Kades yang ada disini (Kaltara,red),” tutup Edy. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here