Cara Merawat Motor Matik Injeksi Agar Awet Seperti Baru

Sumber : Freepik.com

KAYANTARA.COM – Bingung bagaimana cara merawat motor matik injeksi yang benar? Perawatan kendaraan yang baik akan membuat mesin dan semua spare part bisa bekerja secara optimal sehingga berkendara dengan motor tersebut terasa nyaman dan aman.

Selain service ke bengkel yang terpercaya, kamu juga harus melakukan perawatan motor sendiri secara rutin. Dengan perawatan yang tepat, usia pakai kendaraan akan lebih lama dan nilai jualnya tetap tinggi.

6 Cara Merawat Motor Matik Injeksi

Saat ini sebagian besar pengendara lebih memilih motor matik injeksi. Selain nyaman, dan bertenaga, kendaraan jenis ini tersedia dengan berbagai merek, tipe dan desain. Kamu bisa memilih kendaran berbodi bongsor maupun yang ramping sesuai kebutuhan.

Tips merawat motor matic pun cukup mudah untuk dilakukan sehingga kamu tetap merasa aman dan nyaman untuk berkendara baik di jalan halus maupun medan berat. Mesin motor matic injeksi berbeda dengan jenis biasa, karena itu kamu perlu merawatnya secara benar. beberapa hal yang bisa dilakukan adalah:

1. Nyalakan mesin setiap pagi

Cara merawat motor matik injeksi yang pertama adalah dengan menyalakan mesinnya setiap pagi. Kamu membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan membiarkan mesin menyala, baik ketika akan menggunakannya maupun tidak. Selama menyala komponen-komponen mesin akan bekerja sehingga tetap dalam kondisi prima.

2. Pastikan aki dan busi dalam kondisi bersih

Berikutnya yang harus dipastikan adalah kondisi mesin dan busi. Kedua bagian ini berperan penting dalam perapian yang mendukung kerja mesin. Aki pada kendaraan juga menjadi sumber energi listrik untuk menyalakan lampu dan klakson.

Cara membersihkan cukup mudah. Hanya dengan menggunakan kuas atau alat lembut lain untuk membuang kotoran yang menempel. Untuk proses membersihkannya tidak perlu setiap hari, seminggu sekali sudah cukup untuk memastikannya dalam keadaan prima.

3. Jangan sampai kehabisan bensin

Sebagai bahan bakar, jangan pernah membiarkan bensin habis hingga benar-benar kondisi tangki kosong. Hal tersebut bisa menyebabkan kotoran yang ada pada dasar tangki terbawa dan mengganggu mesin serta bagian lainnya. Ketika indikator menunjukkan strip 1, segera isi kembali.

4. Jangan ugal-ugalan

Mengendarai motor secara ugal-ugalan bukan hanya mengganggu keselamatan, tetapi juga bisa merusak kendaraan itu sendiri. Tariklah gas secara bertahap dan pelan-pelan. Selain agar lari mesin teratur juga membuatnya lebih awet. Begitu juga ketika menginjak rem. Jika tidak dalam keadaan darurat jangan menginjaknya secara mendadak, tetapi pelan-pelan.

5. Ganti oli secara berkala

Ganti oli secara rutin bisa membantu mesin agar tetap bisa bekerja secara maksimal. oli dengan kekentalan melebihi ambang batas membuat gesekan bagian mesin menjadi berat sehingga membuat spare part cepat aus dan rusak. Bahkan jika jumlah oli kurang dari kebutuhan, bagian-bagian dari motor matic bisa terbakar karena terlalu panas.

6. Periksa ban

Pastikan ban motor dalam keadaan aman, baik tingkat kekasaran permukaannya maupun tekanannya. Ban yang terlalu gundul akan licin sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan. Selain itu, untuk keamanan gunakan ban standar sesuai jenis motor matic yang digunakan.

Untuk membeli ban motor matic sesuai kebutuhan tidak perlu bingung. Blibli menyediakan berbagai jenis ban untuk motor matik dan kendaraan lainnya. Kamu tinggal membuka aplikasi Blibli atau mengunjungi website marketplace tersebut. Lalu, pilih kebutuhan yang ingin dibeli. Lakukan pembayaran, kemudian menunggu pengiriman sampai alamat. Praktis, bukan?

Berbelanja ban motor dan kebutuhan lain di Blibli aman karena merupakan marketplace terpercaya. Dengan cara merawat motor matik injeksi yang benar, kendaraan lebih awet dan kamu bisa berkendara lebih aman.

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here