Layanan Disduk Capil di Nunukan Selalu Diminati

Foto: Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN

KAYANTARA.COM, NUNUKAN – Meskipun sudah berjalan selama seminggu, layanan Disduk Capil pada Paras Fest di Paras Perbatasan tetap diminati pengunjung. Hal itu terlihat pada Senin (16/10/2023) pengunjung Paras Fest silih berganti  memasuki stand layanan Disduk Capil untuk mengurus dokumen kependudukan.

“Kami memberikan layanan kependudukan untuk semua jenis layanan, mulai pagi sampai malam hari, termasuk Sabtu dan Minggu, tidak mengikuti jam kantor selama Paras Fest ini berlangsung,” ujar Kaminang S.Sos. 

Mengingat panjangnya waktu layanan, maka petugas layanan dibagi dalam dua shif. Shif pertama dimulai sesuai dengan jam kantor yaitu 7.30 sampai dengan 16.00 sedangkan shift kedua dimulai pukul 16.01  sampai dengan pukul 22.00 atau sampai aktivitas di Paras ditutup. 

Saat SIMP4TIK News sedang duduk berdiskusi dengan staf Disduk Capil yang sedang bertugas, beberapa warga sedang mengurus dokumen kependudukan. Ada yang mengurus perubahan Kartu Keluarga karena adanya penambahan anggota Keluarga, ada juga yang mengurus pergantian KTP.

Warga diterima dan dilayani staf Disduk Capil dengan ramah. Dia  mencatat keperluan pengunjung serta memeriksa dokumen yang disampaikan serta melanjutkan kepada pejabat terkait untuk diproses lebih lanjut. 

“Kalau layanan KTP kita hanya melakukan perekaman disini, namun untuk pencetakannya tetap dilakukan di kantor karena mesin cetak KTP hanya bisa dikantor, tidak bisa dibawa ke Paras karena perlu ruangan khusus, harus yang ber AC,” jelas Kaminang. 

 Pelayanan Disduk Capil untuk semua jenis dokumen kependudukan pada Paras Fest ini tidak memungut bayaran. Hal ini terlihat dengan jelas pada spanduk yang terpasan didinding Paras. “Semua jenis layanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil tidak dipungut bayaran (gratis).”

Proses administrasi pada layanan adminduk capil di Paras Fest ini berlangsung cepat. Sepanjang syarat administrasi sudah dipenuhi sesuai dengan ketentuan akan langsung diproses.  

“Proses administrasi ini sudah menggunakan tanda tangan digital, meskipun pejabat terkait seperti Kadis tidak ada ditempat tetap bisa melakukan tanda tangan sehingga prosesnya bisa berlangsung cepat,” jelasnya. 

Melihat proses adminitrasi kependudukan yang begitu cepat, didukung layanan dari petugas yang ramah serta suasana layanan yang menyenangkan menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung. 

Bagi warga kehadiran layanan Disduk Capil pada Paras Fest ini tentu menjadi kesempatan emas untuk mengurus dokumen kependudukan. Selain waktunya pagi sampai malam, prosesnya juga cepat, dihari liburpun tetap membuka pelayanan. Nah apalagi, ayo urus dokumen kependudukan di Paras Perbatasan. Mumpung masih ada waktu. (*/adv)

Sumber: Publikasi DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA STATISTIK DAN PERSANDIAN

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here