BPJS Kesehatan Akui Layanan di RSUD Tarakan Belum Optimal

Wahyudi Putra Pujianto (Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tarakan)

KAYANTARA.COM, TARAKAN– Keluhan warga Tarakan umumnya Kaltara terkait pelayanan bagi peserta BPJS Kesehatan di RSUD Tarakan disambut baik oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tarakan, Wahyudi Putra Pujianto.

Ditemui Kayantara.com, di kantornya, Wahyudi mengakui layanan BPJS Kesehatan di rumah sakit terbesar di Kaltara itu sejauh ini belum optimal. Terutama mengenai beberapa konsep yang diusulkan Komisi IV DPRD Kaltara.

Yaitu Unit Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan atau PIPP, dan pendaftaran calon pasien bagi peserta BPJS Kesehatan secara online. “Apa yang diminta atau diusulkan oleh anggota Komisi IV DPRD Kaltara itu sebenarnya sudah ada, cuma kita akui sejauh ini belum optimal,” katanya.

Menurutnya, penyebab kurang optimalnya pelayanan BPJS Kesehatan di RSUD Tarakan lantaran kehadiran PIPP tersebut belum diketahui seluruh masyarakat Kaltara, khususnya Tarakan.

“Ini memang menjadi fokus kita (BPJS Kesehatan) di akhir tahun ini, yaitu bagaimana mengoptimalkan PIPP itu supaya lebih bisa dirasakan masyarakat,” katanya.

Padahal, lanjut Wahyudi, sejauh ini pihaknya telah beberapa kali meyoalisasikan pusat layanan tersebut. Tapi tidak membuahkan hasil yang diharapkan. “Kurang paham betul apa kendalanya, padahal pihak rumah sakit juga sudah tahu soal itu,” ucapnya.

Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya akan memasang poster terkait keberadaan PIPP di beberapa titik di RSUD Tarakan tersebut. “Poster itu nantinya kita cantumkan siapa petugasnya dan nomor teleponnya, jadi kalau ada yang komplain bisa langsung berhubungan dengan dia,” ucap Wahyudi.

Terkait pendaftaran peserta BPJS Kesehatan secara online, dirinya juga mengatakan sejauh ini sudah ada di RSUD Tarakan. Tapi, persoalannya juga sama dengan perihal sebelumnya.

“Soal itu kita akui belum optimal juga. Mungkin karena banyak yang belum tahu. Padahal aplikasinya bisa di download di playstore,” tambahnya. “Kedepannya kita akan kombain dengan aplikasi yang kita miliki supaya bisa lebih baik,” demikian Wahyudi. (*)

Reporter: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here