Sempat Kosong 9 Bulan, A.Hamid Dilantik jadi Sekda Pemkot Tarakan

Wali Kota Tarakan, dr Khairul saat foto bersama sekda definitif dan sejumlah kepala OPD di Gedung Serbaguna, siang tadi. (Foto: Humas Pemkot Tarakan)

KAYANTARA.COM, TARAKAN-Kekosongan jabatan sekretaris daerah (Sekda) definitif Pemkot Tarakan selama 9 bulan akhirnya terisi.

Ini setelah secara resmi, A.Hamid, terpilih dan dilantik oleh Wali Kota Tarakan, dr.Khairul, Selasa, (31/12/2019). Selain jabatan tinggi pratama sekda, wali kota juga melantik sejumlah kepala OPD dan kepala pelaksana.

Dalam sambutannya, wali kota mengatakan, amanah tersebut adalah sesuatu yang harus dipertanggung jawabkan tidak hanya di hadapan sistem kenegaraan, namun secara kepada Allah SWT.

Ia juga menegaskan, perlu digaris bawahi bahwa pelantikan dan sumpah bukan hanya kegiatan seremoni belaka. Akan tetapi, mengandung makna, bahwa jabatan yang diberikan merupakan amanah yang harus dijalankan.

“Pelantikan sekda serta kepala OPD merupakan hasil seleksi terbuka sejak 10 September 2019, rekomendasi pengangkatan eselon II sangat panjang karena harus melalui tahapan, mulai pansel, dan rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Rekomendasi kita terima seminggu lalu, khusus untuk sekda baru hari ini sekitar pukul 12.00 Wita, jabatan sekda kosong sejak 9 bulan lalu,” jelas Khairul.

“Peran sekda sangat penting, yakni terkait dengan DPA (dokumen pelaksanaan anggaran), mengundang-undangkan Perda ke lembaran daerah, Baperjakat dan fungsi lainnya,” tambah dia.

Kepada mereka yang dilantik, lanjut dikatakan Khairul, pengembangan pariwisata, konsolidasi anggaran, perencanaan pengembangan THM dan GTM, diminta segera diselesaikan.

Pelantikan pejabat tinggi madya memiliki tugas yang strategis untuk membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan, dan pengorganisasiam administratif pelaksanaan tugas perangkat daerah. (*)

Reporter: Supriyadi

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here