8 Pendaftar tak Penuhi Syarat, Besok 344 Calon PPK Ikuti Tes Tertulis

Panitia perekrutan PPK di KPU Nunukan untuk Pilkada serentak 2020

KAYANTARA.COM, NUNUKAN – Pendaftar calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di KPU Nunukan pada Pilkada serentak 2020 berjumlah 352 orang.

Namun, dari jumlah tersebut yang berhak mengikuti tes tertulis pada 30 Januari besok, hanya diikuti 344 orang. “Sisanya sebanyak delapan pendaftar dinyatakan tak lolos administrasi,” sebut Komisioner KPU Nunukan, Muhammad Rusli Hairuddin.

Dari delapan pendaftar yang tidak memenuhi syarat tersebut, sebut Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilh, Partsifasi Masyarakat dan SDM KPU Nunukan ini, terdiri dari tujuh orang telah dua kali berturut-turut menjadi anggota PPK dan satu orang tercatat sebagai anggota partai politik.

Adapun sebaran ke delapan pendaftar yang tidak lolos seleksi administrasi karena dua kali berturut-turut adalah Kecamatan Nunukan Selatan, Sebatik Utara, Tulin Onsoi, Lumbis, Lumbis Pansiangan masing-masing satu orang.

Lalu Kecamatan Sebatik Barat sebanyak dua orang. Sedangkan pendaftar tercatat anggota parpol berasal dari Krayan Selatan yakni satu orang.

Untuk tes tertulis PPK serentak besok, dibagi lima zona. Pada zona I untuk Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan yang dilaksanakan di GOR Sei Sembilan Kelurahan Selisun.

Sementara Pulau Sebatik masuk dalam zona II untuk lima kecamatan. Yakni Sebatik, Sebatik Barat, Sebatik Utara, Sebatik Tengah dan Sebatik Timur di pusatkan di Kecamatan Sebatik Utara, tepatnya di Aula Gedung eks Kantor PPK.

Zona III di Kecamatan Seimenggaris, zona IV di pusatkan di Kantor Kecamatan Sebuku untuk Kecamatan Sebuku, Sembakung dan Tulin Onsoi.

Zona V di SMPN 1 Lumbis untuk Kecamatan Lumbis, Lumbis Ogong, Lumbis Hulu, Lumbis  Pansiangan dan Sembakung Atulai.

Zona VI di pusatkan seleksi tertulis di Kantor BPU Krayan untuk peserta dari Kecamatan Krayan Selatan, Krayan Tengah, Krayan Barat, Krayan Tengah dan Krayan.

Ketua KPU Nunukan, Rahman, menambahkan, setiap kecamatan akan ditetapkan lima orang menjadi penyelenggara pilkada.

Tetapi satu kecamatan yakni Kecamatan Nunukan bakal berlangsung persaingan ketat karena diperebutkan oleh 64 pendaftar.

“Persaingan paling ketat akan terjadi di Kecamatan Nunukan karena 5 kursi akan di perebutkan oleh 64 pendaftar,” katanya.

Disusul Kecamatan Sebatik Utara dgn pendaftar 25 orang dan Nunukan Selatan 22 pendaftar. (*)

Reporter: Oktavianus
Editor: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here