Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kaltara, Fernando: Pancasila itu Dasar NKRI

Terharu, Saat Diuji Hafal Pancasila Ada Peserta sambil Menangis

Wakil Ketua Badan Kehormatan DPD RI, Fernando Sinaga saat sosialisasi empat pilar kebangsaan di Tarakan.

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Anggota DPD RI daerah pemilhan Kalimantan Utara (Kaltara), Fernando Sinaga, menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kota Tarakan, Rabu (12/2/2020).

Sosialisasi ini ditujukan kepada pemuda aktivis gereja dan pendeta se-Kota Tarakan yang dipusatkan di Milo Life Cafe, Jalan Kusuma Bangsa, Tarakan Tengah.

Menurut Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPD RI ini, kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI mempunyai beberapa tujuan penting.

Di antaranya, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Bhinneka Tunggal Ika, dan Ketetapan MPR.

Selain itu, sosialisasi juga digelar untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemahaman dan penerapan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Sebab itu, tegas anggota Komite III DPD RI ini, semua kalangan masyarakat di Indonesia, termasuk generasi muda di Kaltara, harus mencintai NKRI.

“Kita menginginkan pemuda-pemuda yang merupakan aktivis gereja dan pendeta ini supaya lebih memahami Pancasila, karena dasar Pancasila itu adalah NKRI,” jelas Pimpinan Kelompok DPD di MPR RI ini.

“Karakter yang teguh, berintegritas adalah modal dasar dari semua hal. Maka dari itu tumbuhkan rasa memiliki Pancasila agar saling menghargai perbedaan yang ada,” tambah Fernando.

Kegiatan ini dihadiri lebih 100 peserta dari kalangan pemuda aktivis gereja dan pendeta di Bumi Paguntaka. Dalam sosialisasi itu, beberapa peserta diuji untuk membacakan butir-butir Pancasila dan menyanyikan lagu nasional.

“Peserta sangat menghayati kegiatan ini. Saat disuruh membaca butir-butir Pancasila ada beberapa peserta yang sambil menangis saking terharunya,” demikian Fernando dengan bangga. (adv)

Berikut 4 Pilar Kebangsaan :

  1. PANCASILA sebagai dasar negara
  2. UUD 45 sebagai Konstitusi negara
  3. NKRI sebagai bentuk negara
  4. Bhineka Tunggal Ika

Reporter: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here