Malaysia Lockdown, Penerbangan Tawau-Tarakan Masih Beroperasi

Bandara Internasional Juwata saat memberlakukan tes thermal gun kepada seluruh calon penumpang di pintu masuk. (Foto: Mansyur/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Bandara Internasional Juwata Tarakan memastikan layanan penerbangan dari dan ke Tawau Malaysia tetap beroperasi normal kendati pemerintah setempat telah memberlakukan karantina wilayah (lockdown).

“Selama Pak Gubernur Kaltara tidak memutuskan lockdown, maka penerbangan tetap kita layani dengan maksimal,” kata Kepala Bandara Internasional Juwata Tarakan, Agus Priyanto, Rabu (18/3/2020).

Bandara Juwata melayani penerbangan Tarakan-Tawau pulang pergi tiga kali setiap pekan, dengan maskapai Mas Wings. Yakni, Senin, Kamis dan Sabtu,

“Sampai sekarang masih beroperasi normal,” ucapnya saat ditemui di wilayah kerjanya.

Hanya saja, kata dia, jumlah penumpang baik domestik maupun internasional dikurangi sebanyak 30 persen.

Jika dikalkulasikan dari 1.400 rerata jumlah penumpang per hari melalui bandara terbesar di Provinsi Kalimantan Utara itu, berkurang menjadi 1000 orang per hari.

Agus juga memastikan bahwa semua penumpang baik untuk kedatangan maupun keberangkatan akan diperiksa kondisi kesehatannya dengan memberlakukan tes thermal.

Selama ini Bandara Juwata Tarakan melayani tujuh rute penerbangan domestik dan internasional pulang pergi. Diantaranya Tarakan-Balikpapan, Surabaya, Makassar, Jakarta, dan lainnya.

“Kalau di Kaltara kita layani penerbangan ke dan dari Malinau dan Nunukan,” pungkas Agus.

Sebagaimana diketahui, mulai hari ini, Rabu (18/3/2020), Malaysia mengumumkan lockdown total selama dua pekan.

Hal ini berdasarkan pidato Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin dengan menerapkan Perintah Pengendalian Gerakan mulai 18 Maret hingga 31 Maret 2020.

Reporter: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here