8 Khasiat dan Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Manusia

Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan

Kayantara.com- Manfaat pepaya bagi kesehatan manusia yang paling dikenal orang adalah untuk membantu mempercepat proses pencernaan makanan di dalam perut. Sebenarnya buah dengan nama latin Carica Papaya L ini masih memililiki segudang manfaat lainnya.  Sudah tahukah anda apa saja manfaat pepaya bagi kesehatan? Berikut ini manfaatnya versi Kayantara.

Menjaga Kesehatan Kulit

Yang pertama saya bahas adalah manfaat pepaya bagi kesehatan kulit. Kulit terus terpapar oleh radiasi,baik berasal dari alam seperti sinar UV maupun polusi yang dihasilkan dari kegiatan manusia, seperti: asap kendaraan saat kita beraktivitas di luar ruangan. Hal itu akan membuat kulit kita akan lelah dan mulai menampakkan tanda-tanda penuaan dini. Namun anda bisa mencegahnya dengan mulai mengkonsumsi buah pepaya. Pepaya memiliki vitamin C dan E yang akan sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit.

Mencegah kerusakan mata

Manfaat buah pepaya berikutnya yang saya bahas adalah manfaat pepaya bagi kesehatan mata. Semakin bertambah tua usia seseorang, maka kondisi fisik akan semakin menurun. Ketika anda telah memasuki usia lebih dari separuh abad, kemungkinan besar mata anda akan mengalami degenarasi makula atau penurunan fungsi lihat. Kandungan vitamin A pada buah pepayaakan merawat mata anda sehingga tidak mudah kehilangan fungsinya. Selain itu, senyawa zeaxanthin dalam buah ini juga mampu menjadi antioksidan dari cahaya biru yang dapat merusak mata dalam jangka panjang.

Menurukan berat badan

Bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan, rajin-rajinlah mrngkonsumsi buah pepaya ini. Dalam buah pepaya terutama pepaya muda terkandung sebuah enzim yang dapat mempercepat proses pembakaran lemak ditubuh menjadi energi. Dengan demikian lemak di tubuh anda akan semakin menyusut dan berat badan anda pun akan kembali ideal.Itulah salah satu manfaat pepaya untuk kesehatan.

Meningkatkan imunitas

Manfaat pepaya bagi kesehatanyang lainnya adalah meningkatkan imunitas. Ketika sistem imunitas terganggu, anda akan jadi mudah sakit. Buah pepaya memiliki senyawa beta karotin yang dapat menguatkan sistem imun. Selain itu vitamin A dan vitamin C yang banyak terkandung di buah ini sangat diperlukan oleh tubuh.

Mencegah kanker usus

Buah pepaya dengan seratnya yang tinggi mampu mengikat racun yang ada di usus dan membantu memperlancar proses pencernaan. Ketika kotoran tidak terlalu lama mengendap di usus, maka usus akan selalu sehat dan tidak mudah terkena pnyakit berbahaya seperti kanker usus.Itulah salah satu manfaat pepaya bagi kesehatan manusia.

Mengobati gangguan pernapasan

Berikutnya adalah manfaat pepaya untuk kesehatan yang berkaitan dengan pernafasan. Bagi anda yang menderita gangguan pernapasan, baik dikarenakan karena polusi lingkungan maunpun sebuah penyakit, sebaiknya anda lebih rutin untuk mengkonsumsi buah pepaya ini. Senyawa lateks yang terdapat pada buah pepaya dapat membantu mengobati sesak napas yang anda rasakan.

Mencegah hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit yang patut diwaspadai karena dapat menimbulkan penyakit berbahaya lainnya seperti stroke. Stroke bukan hanya mengancam orang yang berusia lanjut, tapi anda yang masih muda juga dapat terkena serangan stroke sewaktu-waktu jika anda memiliki riwayat hipertensi. Mengkonsumsi buah pepaya sangat dianjurkan untuk mencegah terjadinya hipertensi karena di dalam buah ini terdapat kalium yang cukup tinggi untuk dapat mengontrol tekanan darah tetap normal.Begitulah penjelasan mengenai manfaat pepaya bagi kesehatan.

Membersihkan racun di tubuh

Manfaat pepaya bagi kesehatan manusiayang terakhir adalah membersihkan racun. Pola makan yang tidak sehat seringnya menjadi sumber penyakit. Makanan dan minuman mengandung pengawet dan bahan-bahan berbahaya lainnya yang secara sadar atau pun tidak telah dikonsumsi akan menjadi racun dan mengganggu kerja sistem tubuh. Buah pepaya dapat menjadi antioksidan yang dapat membersihkan racun-racun tersebut.

Nah, sekian artikel mengenai 8 manfaat pepaya bagi kesehatan. Sekarang anda tahu kalau buah pepaya yang biasa kita lihat ternyata memiliki banyak manfaat. Kalau begitu jangan hanya dilihat saja, ada baiknya anda mengkonsumsi buah ini secara rutin.

Reporter : Hadi

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here