Cegah Penyebaran Covid-19, PEP Tarakan Field Salurkan Bantuan ke Pemkab Nunukan

Bupati Nunukan secara simbolis menerima bantuan dari Pertamina EP Tarakan Field.

KAYANTARA.COM, NUNUKAN – Dalam upaya memberikan dukungan dan membantu percepatan penanggulangan Covid-19, PT Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field (PEP Tarakan Field) memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.

Kabupaten Nunukan yang merupakan wilayah operasi PEP Tarakan Field dalam menjalankan aktivitas bisnisnya menjadi salah satu kabupaten yang memiliki angka positif Covid-19 relatif tinggi di wilayah Kaltara. Hingga tanggal 28 April 2020, tercatat jumlah kasus positif 35, 1 pasien dalam pemantauan (PDP), dan 16 orang dalam pemantauan (ODP) di wilayah Kabupaten Nunukan.

PEP Tarakan Field memberikan bantuan berupa APD dan masker serta hand sanitizer yang ditujukan untuk para tenaga medis di Kabupaten Nunukan. Penyerahan bantuan ini diserahkan langsung oleh perwakilan PEP Tarakan Field, Rudi Dede Ajusman kepada Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura. Proses penyerahan ini dilaksanakan di Kantor Bupati pada Senin (4/5/2020).

Bantuan yang diberikan oleh PEP Tarakan Field berupa 50 set alat pelindung diri (APD) dan 144 botol hand sanitizer. Sebelumnya, PEP Tarakan Field juga telah memberikan bantuan berupa 250 masker dan 10 liter hand sanitizer.

Anton Humala Doloksaribu selaku Legal and Relation Assistant Manager PEP Tarakan Field mengungkapkan bahwa bantuan yang diberikan ini bertujuan untuk mendukung pemerintah khususnya Kabupaten Nunukan dalam menanggulangi virus Covid-19 yang saat ini tengah berlangsung.

Bantuan berupa APD, masker dan hand sanitizer akan didistribusikan kepada para tenaga medis yang merupakan garda terdepan dalam penanganan virus Covid-19.

“Bantuan yang diberikan oleh PEP Tarakan Field ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap pemerintah dan kepedulian kami kepada tenaga medis yang ada di wilayah Kabupaten Nunukan. Tenaga medis adalah garda terdepan dalam penanganan Covid-19, sehingga perlu kita perhatikan mengenai keselamatannya,” tutur Anton.

Masih dalam kesempatan tersebut, Bupati Nunukan, Hj Asmin Laura menyampaikan ucapan terima kasih kepada PEP Tarakan Field yang telah berkontribusi memberikan bantuan kepada pemerintah Kabupaten Nunukan. “Pada kesempatan ini, kita dari Pemerintah Kabupaten Nunukan dan mewakili gugus tugas Covid-19 mengucapkan banyak terima kasih kepada PEP Tarakan Field yang telah memberikan bantuan berupa APD, masker dan hand sanitizer kepada kami. Ini merupakan bantuan yang kedua kali yang diberikan oleh PEP Tarakan Field dan akan kami salurkan kepada yang membutuhkan,” ujar Hj. Asmin Laura

Bupati menambahkan bahwa kegiatan yang telah dilakukan oleh PEP Tarakan Field dapat menjadi inspirasi bagi pihak lain untuk turut mendukung dalam percepatan penanganan Covid-19. “Semoga apa yang telah dilakukan oleh PEP Tarakan Field ini menjadi insiprasi bagi pihak lain untuk turut serta dalam menanggulangi Covid-19 di wilayah Kabupaten Nunukan,” harap wanita berhijab ini.

PEP Tarakan Field  merupakan bagian dari PT. Pertamina EP, salah satu KKKS bidang hulu migas yang beroperasi di bawah pengawasan SKK Migas. PEP Tarakan Field mengusahakan kebutuhan energi negeri dari wilayah Kalimantan Utara. Data produksi Sistem Operasi Terpadu (SOT) SKK Migas akhir April 2020 year to date, menunjukkan angka produksi minyak mentah PEP Tarakan Field  mencapai 2076.53 barrel oil per day (bopd). Sedangkan angka produksi gas bumi berkisar pada 2.31 million standard cubic feet per day (mmscfd).

Angka produksi minyak mentah PEP Tarakan Field menyumbang angka produksi PEP Asset 5 sebesar 11.03 persen, sedangkan gas bumi sebesar 13.09 persen. Data produksi Sistem Operasi Terpadu (SOT) SKK Migas akhir April 2020 year to date, menunjukkan angka produksi minyak mentah PT Pertamina EP Asset 5 mencapai 18812 barrel oil per day (bopd) dari target 18342 bopd, atau realisasi sebesar 102.59 persen.

Sedangkan angka produksi gas bumi berkisar pada 17.64 million standard cubic feey per day (mmscfd) dari target 14.46 mmscfd, atau realisasi sebesar 121.99 persen. (*)

Editor: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here