Supermoon Terakhir di Tahun 2020

Foto : wallpaperflare.com

KAYANTARA.COM – Tarakan, Alam semesta akan membawa fenomena ditunggu oleh banyak orang. Melihat ke luar jendela. Hal Supermoon yang dapat dinikmati selama beberapa hari mulai 5 September 8 Mei Yang terakhir adalah supermoon diadakan pada tahun 2020.

Supermoon unik ini disebut bunga bulan (flower moon). Pada Kamis, 07 Mei bunga bulan yang super fase purnama dan masuk tepat berada di depan matahari. Supermoon terjadi ketika bulan berada di 90 persen perigree atau jarak terdekatnya dari Bumi ke orbit.

Dalam satu tahun, biasanya ada tiga supermoon. Supermoon tahun ini berlangsung pada bulan Maret dan April. New Supermoon terjadi pada April 2021.

Sebelumnya, pada bulan Maret, Supermoon menerangi langit dari bumi, Minggu (8/3) dan Senin (9/3). Bulan purnama Maret disebut cacing supermoon.

Pada bulan Maret, tanah mulai melunak sehingga cacing dapat muncul. Menurut petani Alamanak, menarik lebih banyak burung untuk makan. Bulan ini dikaitkan dengan musim semi karena alasan ini.

Sementara itu, pada bulan April adalah yang terbesar dan paling terang Supermoon Supermoon yang ada pada tahun 2020 April 7 menjadi paling dekat dengan Bumi. Pada bulan April Supermoon dijuluki supermoon naik.

Nama ini berasal karena supermoon yang muncul pada bulan April sering dikaitkan dengan bunga-bunga mekar di awal musim semi Phlox subulata, bunga merah muda liar yang berasal dari Amerika Utara. Bunga-bunga liar yang biasa disebut busa merah muda (rose lumut). (*)

Reporter : Hadi

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here