Mulai 10 Mei 2020, Lion Air Layani Penerbangan Domestik

KAYANTARA.COM, JAKARTA – Maskapai di bawah Lion Group, yakni Lion Air, Batik Air, hingga Wings Air akan mengoperasikan kembali layanan domestik pada 10 Mei 2020. Langkah ini seiring dengan kebijakan pemerintah yang telah membuka kembali izin operasi transportasi penumpang ke luar daerah.

Corporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro melalui siaran persnya, Kamis (7/5/2020), menjelaskan seluruh layanan Lion Air Group mengacu pada Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB). Serta, Surat Edaran Nomor 31 Tahun 2020 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Dengan demikian, Lion Air Group hanya memfasilitasi calon penumpang yang membeli tiket di Kantor Pusat dan Kantor Cabang Penjualan Tiket di seluruh Indonesia.

Namun, lanjut Danang, sebelum melakukan perjalanan calon penumpang wajib melengkapi dan menunjukkan kelengkapan dokumen perjalanan, yang dibutuhkan. Selain itu, calon penumpang juga wajib mengikuti protokol pengamanan kesehatan diri sesuai aturan yang berlau.

“Lion Air Group beroperasi sesuai standar operasional prosedur (SOP), melakukan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang diberlakukan serta tidak menyebabkan penyebaran Covid-19,” sebut Danang.

Ia memastikan, operasional Lion Air Group telah dipersiapkan secara maksimal dalam rangka memberikan pelayanan dengan melaksanakan berbagai langkah antisipasi. Dimana, pelaksanaan penerbangan rute domestik ini tetap mengacu aspek keamanan keselamatan perjalanan udara.

“Lion Air Group sudah mengikuti rekomendasi protokol kesehatan, seperti pengecekan suhu badan, menjaga pola hidup sehat, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer sarung tangan dan masker,” tegas Danang.

Tidak hanya itu, Lion Air Group juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap awak pesawat sebelum terbang. Hal ini dilakukan guna menentukan kondisi sehat serta laik terbang (airworthy for flight) para awak pesawat. “Kita juga mengatur jarak duduk penumpang (physical distancing)  di dalam kabin pesawat pada setiap penerbangan,” pungkasnya.

Sebelum terbang, Lion Air Group juga melakukan pemeliharaan dan perawatan pada semua armada yang dikerjakan secara berjadwal dan tidak berjadwal seprti melakukan sterilisasi, menjaga kebersihan setiap armada yang ada.

“Sterilisasai dan menjaga kebersihan ini meliputi setiap bagian-bagian dalam pesawat, serta membersihkan bagian luar pesawat,” tandasnya. (*)

Editor: Mansyur

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here