Sampel Covid-19 Sudah Diperiksa di Lab TCM RSUD Tarakan, Kaltara Tunggu Pengiriman Alat PCR

Ruang pemeriksaan sampel swab di BBLK Surabaya

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara melalui Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Agust Suwandy mengatakan, beberapa sampel corona di Kaltara sudah diperiksa di Laboratorium Test Cepat Molekuler (TCM) RSUD Tarakan.

Namun saat ini sedang dalam tahapan pemantapan mutu eksternal (PME) dengan membandingkan hasil pemeriksaan sampel di Lab TCM dan Lab Litbangkes Jakarta.

“Tetapi pemeriksaan TCM ini masih terbatas pada sampel prioritas, mengingat keterbatasan kapasitas alat TCM dan jumlah cartridge yang dikirim dari Kemenkes, tetapi secara bertahap akan dikirim lagi dari Kemenkes,” katanya, Minggu (17/5/2020).

Sementara untuk pemeriksaan dengan metode polimerase chain reaction (PCR) di Kaltara, saat ini sedang menunggu pengiriman alat yang diadakan oleh Pemprov Kaltara yang nantinya akan dilanjutkan instalasi oleh teknisi.

“Jika nanti sudah siap semuanya maka pemeriksaan sampel Covid-19 sudah bisa dilakukan sendiri di Kaltara, khususnya di RSUD Tarakan yang kami siapkan sebagai lablratorium rujukan di Kaltara,” jelasnya.

Untuk diketahui, jumlah kasus positif Covid-19 di Kaltara hingga hari ini tercatat sebanyak 155 orang, sembuh 41, meninggal satu pada tanggal 1 April lalu di Tanjung Selor, sehingga pasien positif masih dalam perawatan 113 orang.

Dari 155 kasus positif Covid-19 ini meliputi di Tarakan 38, Malinau 32, Nunukan 43, Tana Tidung 3, dan 39 orang di Bulungan.
(*)

Reporter: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here