Stok Darah di PMI Tarakan Stabil, Permintaan Relatif Menurun

Stok darah di UDD PMI Tarakan selama pandemi Covid-19 dan bulan Ramadan tahun ini tetap stabil. (Foto: Mansyur/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Selama bulan Ramadan di tengah pandemi Covid-19 saat ini, stok darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tarakan, terkondisi stabil.

“Atas bantuan semua lapisan masyarakat baik dari TNI Polri, instansi pemerintahan maupun swasta termasuk perorangan serta perkumpulan orang turut membantu kebutuhan darah, sehingga stok tetap terpenuhi dengan stabil,” kata Ketua PMI Tarakan Muhammad Yunus Abbas melalui Kepala UDD, dr Edi Samudro, Sabtu (16/5).

Sehingga tidak ada kekhawatiran stok darah jenis tertentu akan menipis. Namun, sebaliknya permintaan justru relatif menurun bila dibandingkan sebelum wabah merajalela di Bumi Paguntaka sejak akhir Maret 2020 lalu.

“Selama bulan puasa ini dan pandemi Covid-19 ini stok tidak ada pengurangan baik darah lengkap maupun trombocite, cuma permintaannya yang berkurang,” ucap dr Edi.

Trombocite adalah darah segar yang masanya hanya bisa dimanfaatkan selama lima hari. Sehingga jenis darah ini selalu dibutuhkan secara mendesak.
.
“Untuk memperoleh darah trombocite ini diambil dari darah segar pendonor dengan batas waktu tertentu, artinya setelah donor enam jam tidak bisa lagi diambil karena sudah lengket,” jelasnya.

Dia menyebutkan sebelum pandemi Covid-19, permintaan darah dari seluruh rumah sakit di Tarakan bahkan sejumlah daerah di Kaltara rerata lebih seribu kantong per bulan.

Sementara selama pandemi corona dan bulan Ramadan turun menjadi 650-an kantong, tepatnya sedari April hingga awal Mei tahun ini.

“Tapi beberapa hari ini ada sedikit kenaikan menjadi 700 kantong,” cetusnya. “Untuk kegiatan donor darah di masa pandemi dan bulan Ramadan kita tetap melayani selama 24 jam,” demikian dr Edi (*/sur)

Laporan Stok Darah UDD PMI Tarakan, Tanggal 16 Mei 2020 sebagai berikut:

1.WB/darah lengkap
Gol A  = 24
Gol B  = 67
Gol O  = 19
Gol AB= 9
Total  = 119

2.PRC/sel darah merah
Gol A  = 2
Gol B  = 20
Gol O   = 23
Gol AB = 1
Total   = 46

3.FFP/plasma beku
Gol A  = 39
Gol B   = 40
Gol O   = 10
Gol AB = 20
Total   = 109

  1. Trombocite
    Gol A  = 19
    Gol B  = 4
    Gol O  = 13
    Gol AB= 10
    Total = 46

Rincian Total Stok Darah :
WB = 119 Kantong
PRC = 46 Kantong
FFP = 109 Kantong
Trombocyt = 46 Kantong
Total = 320 Kantong

Jumlah Permintaan Darah Tanggal 15 Mei 2020 berdasarkan golongan darah :
A : 9 Kantong
B : 1 Kantong
O : 10 Kantong
AB : 1 Kantong

Total : 21 Kantong

Sumber: Laboratorium UDD PMI Kota Tarakan

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here