PKB Tetap Mengusung Undunsyah, Pasangan Diserahkan sepenuhnya ke Cagub

Ketua DPW PKB Kaltara Herman (kiri) bersama Ketua Tim Desk Pilkada PKB Kaltara  saat menyerahkan berkas bacalon gubernur kepada DPP, pada Januari lalu. (Foto: Dok)

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Empat bakal calon gubernur Kaltara yang mendaftar ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) beberapa waktu lalu telah selesai mengikuti fit and proper test  di tingkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) di Jakarta,

Mereka adalah Jusuf Serang Kasim, Irianto Lambrie, Undunsyah, dan Udin Hianggio. “Tapi hasilnya kami belum tahu, maka kami menjadwalkan ke Jakarta untuk minta arahan DPP terkait tindak lanjut hasil fit and propert test terhadap empat calon ini,” kata Ketua Tim Desk Pilkada DPW PKB Kaltara, Muhammad Samir kepada Kayantara.com, Jumat (19/6/2020).

Mengenai kader partai yang juga mengikuti fit and propert test tersebut, Samir menuturkan tak menutup kemungkinan PKB akan tetap mengusung Undunsyah sebagai calon gubernur Kaltara pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang.

“Semoga di bulan Juli DPP sudah bisa menentukan arah dukungan ke cagub (calon gubernur) yang mana. Undunsyah sebagai kader partai tetap ada kemungkinan akan diusung,” ungkapnya.

Mengenai bakal calon pasangan, kata dia, diserahkan sepenuhnya kepada bakal calon gubernur yang akan diusung PKB. “Untuk calon wakil kami serahkan sepenuhnya kepada cagub yang akan diusung nanti,” ujarnya.

Pada Pemilu 2019 lalu, PKB hanya meraih dua kursi di DPRD Kaltara. Sementara syarat minimal untuk mengusung pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada pikada tahun ini adalah 7 kursi.

Sehingga PKB harus berkoalisi untuk memenuhi syarat minimal pencalonan gubernur dan wakil gubernur tersebut.

Terkait ini, Samir menerangkan PKB telah menjalin komunikasi dengan baik ke sejumlah pimpinan partai politik. Seperti PDIP, Gerindra, Hanura, PBB dan PPP.

“Tapi untuk deal koalisi belum ada, jadi masih sebatas komunikasi dan diskusi saja, belum kepada pembahasan koalisi,” katanya. Adapun kriteria koalisi partai politik yang diinginkan PKB pada Pilgub Kaltara 2020 diantaranya sejalan dan memiliki visi yang sama untuk pembangunan Kaltara. “Khususnya pembangunan keummatan dan pesantren berbasis nahdliyyin,” demikian Samir. (sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here