Blibli Bagikan Tips Kiat Sukses UMKM Jalankan Bisnis dalam Jaringan

Suherman Soemardi

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Vice President Government Relation Blibli Suherman Soemardi mengatakan,  BliBli Indonesia memiliki platform khusus untuk showcase produk UMKM se-Indonesia, yaitu Galeri Indonesia.

Peningkatan merchant melalui platform tersebut sebesar 75 persen. Selama pandemi Covid-19, BliBli terus menguatkan UMKM Indonesia dan mampu mencapai pertumbuhan penjualan sebesar 300 persen melalui platform Galeri Indonesia.

“BliBli juga melakukan kolaborasi dengan pemerintah, termasuk kementerian, untuk mendorong UMKM menuju digitalisasi, dan meningkatkan ketahanan di tengah pandemi,” ujarnya dalam Webinar Series 4.0 Jilid III Digitalisasi UMKM yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kaltara dengan tema Tetap Cuan di Tengah Ujian, Kamis (25/6/2020).

Selain itu, lanjut Suherman, BliBli juga mengadakan berbagai pelatihan, workshop, dan kompetisi untuk UMKM seluruh Indonesia baik pada saat sebelum pandemi maupun di era pandemi Covid-19 melalui platform online, yaitu BliBli University. Sudah terdapat lebih dari 50 pelaku usaha yang mengikuti kegiatan workshop pada tahun 2020.

Pada seluruh pelaku UMKM, BliBli Indonesia secara khusus mendorong produk UMKM untuk dapat dijual melalui platform tersebut. “Hal ini didukung dengan cara berjualan di BliBli yang relatif mudah, dimulai dari registrasi secara online, pengecekan data, dan dokumen legal, persetujuan toko oleh team BliBli, hingga merchant menyetujui Perjanjian Kerja Sama (PKS) lalu platform akan aktif untuk berjualan,” jelasnya.

BliBli Galeri Indonesia telah bekerja sama dengan pemerintah daerah di antaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Timur, dan Bali serta Kementerian Koperasi dan UMKM. Di akhir acara, narasumber juga menyampaikan antusiasme BliBli Indonesia untuk mendukung digitalisasi UMKM Kaltara dan bersedia untuk membantu para pelaku UMKM di Kaltara untuk dapat memasarkan produknya secara nasional. (sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here