144 Rumah Tangga Dapat Jatah Pemasangan Meteran Listrik Gratis

Infografik

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Sebanyak 144 rumah tangga yang tersebar pada 3 kabupaten/kota se Kaltara mendapatkan bantuan pemasangan meteran listrik dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). “Ini merupakan upaya untuk mewujudkan energi yang berkeadilan, agar listrik bisa dinikmati seluruh rakyat Indonesia termasuk rumah tangga tidak mampu,”kata Kepala Dinas ESDM Kaltara, Ferdy Manurun Tanduklangi, belum lama ini. 

Diungkapkannya, ini merupakan hasil koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah pusat. 3 kabupaten/kota itu tersebar di Kota Tarakan, Kabupaten Malinau dan Nunukan melalui program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL). Di mana, terdapat bantuan Corporate Social Responsibility  (CSR) PT Berau Coal yang menjadi salah satu mitra Kementerian ESDM yang turut berpartisipasi dalam program tersebut. 

“Kementerian ESDM meminta partisipasi perusahaan perusahaan yang bergerak di bidang energi untuk membantu program peningkatan rasio elektrifikasi di Indonesia. Kalau untuk proses pemasangan baru bantuan listriknya saat ini sudah selesai,” jelas Ferdy.

Program BPBL memang dikhususkan bagi masyarakat tidak mampu yang bersumber dari Basis Data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dari Kemensos RI. Di mana dari data tersebut didapat sebanyak 144 rumah tangga di Kaltara belum memiliki sambungan listrik dari PLN. “Jadi penerima, diberi bantuan pemasangan meteran listrik PLN dengan jumlah kapasitas sebesar 450 VA atau 2 amper tiap rumah tangga. Ini dilengkapi dengan instalasi listrik dalam rumah,” jelasnya.

Ferdy merincikan, dari 144 rumah tangga yang menerima BPBL, Nunukan sebanyak 45 penerima, Malinau sebanyak 12 penerima, dan Tarakan sebanyak 87 penerima. “Jumlah bantuan ini setelah dilakukan verifikasi lapangan, diharapkan program BPBL melalui bantuan CSR  dapat menjadi contoh bagi badan usaha lainnya untuk mengalokasikan dana CSR-nya untuk masyarakat tidak mampu sehingga semakin banyak masyarakat yang menikmati listrik,” tuntasnya.(humas)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here