Vaksin Covid-19 Sudah Tiba di Indonesia

Ilustrasi vaksin corona (iStockphoto/licsiren)

KAYANTARA.COM, JAKARTA – Vaksin Covid-19 bernama Sinovac telah tiba di Indonesia. Vaksin tersebut merupakan hasil penelitian para ahli Tiongkok. Pengujian dilakukan untuk mengetahui apakah Sinovac cocok serta efektif meningkatkan kekebalan tubuh dan mematikan virus corona di Indoenesia.

“Vaksin sinovac sudah sampai di Indonesia, sekarang dalam proses uji klinis tahap 3 di Biofarma,” kata Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga kepada wartawan, dikutip Jawapos, Senin (20/7/2020). Setelah lewat uji klinis, diharapkan vaksin bisa diproduksi juga di Indonesia.

“Kita tahu juga bahwa virus yang ada di Indonesia itu virus yang memang bisa berbeda dengan Tiongkok. Apakah memang cocok dan bisa mematikan virus Corona yang ada di Indonesia,” katanya.

Sementara, dilansir dari Reuters, tak hanya Indonesia, Badan Penelitian Bangladesh juga telah menyetujui uji coba fase ketiga dari vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Tiongkok Sinovac Biotech Ltd. Tentunya Bangladesh menghadapi tantangan berat ketika infeksi meningkat di negara Asia Selatan yang berpenduduk padat.

“Sinovac mencari sukarelawan di luar Tiongkok karena jumlah kasus virus corona di sana telah berkurang,” kata seorang komite penasihat teknis nasional Bangladesh untuk menangani Covid-19.

Uji coba yang akan dilakukan bulan depan melibatkan 4.200 sukarelawan. “Setengah dari mereka akan divaksinasi. Kami telah memberikan izin etis untuk persidangan setelah meninjau protokol penelitian,” kata Direktur Dewan Penelitian Medish Bangladesh (BMRC) Mahmood Uz Jahan, kepada Reuters.

Uji coba akan dilakukan di 7 rumah sakit khusus pasien Covid-19 di Dhaka, ibu kota Bangladesh. Seorang perwakilan Sinovac mengatakan kepada Reuters bahwa mereka sedang menunggu persetujuan resmi dari Bangladesh.

Berita ini telah terbit di jawapos.com dengan judul Vaksin Covid-19 dari Tiongkok Masuk Uji Klinis Tahap 3 di Indonesia.

Editor: Awan

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here