Kayu Olahan asal Kaltara kembali Diekspor ke Negeri Paman Sam

Pemeriksaan kayu olahan produksi PT. Intracawood Manufacturing asal Kaltara siap diekspor ke Amerika Serikat

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Kegiatan ekspor nonmigas berupa kayu olahan asal Kalimantan Utara (Kaltara) masih terus berlanjut.

Melalui Karantina Pertanian Tarakan, Kementerian Pertanian kembali memfasilitasi ekspor dengan memberikan jaminan keamanan dan kesehatan sesuai standar internasional yang merupakan persyaratan negara tujuan.

Sebanyak 360,28 meter kubik kayu olahan produksi PT. Intracawood Manufacturing dengan nilai ekonomis Rp2,5 miliar dengan tujuan Amerika Serikat telah dipastikan sehat oleh Pejabat Karantina Tarakan dan siap untuk diekspor.

“Amerika Serikat mempersyaratkan agar kayu olahan yang akan diekspor harus bebas dari serangga hidup, kami melakukan pemeriksaan fisik guna memenuhi persyaratan tersebut,” jelas Koordinator Pejabat Fungsional Karantina Tumbuhan, Indri Komalasari

Sementara Kepala Karantina Pertanian Tarakan, Akhmad Alfaraby menyebutkan bahwa Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks) yang dicanangkan oleh Kementrian Pertanian telah berjalan di Kaltara dan pihaknya 7/24 siap memfasilitasi ekspor komoditas pertanian di Kaltara. (bkp/pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here