Satpol PP, Linmas dan Damkar Siap Turut Amankan Pilkada 2020

Sekretaris Satpol PP, Linmas dan Damkar Malinau Tjito Wijaya saat mengikuti rapat koordinasi dengan instansi terkait di Kantor KPU Malinau, Senin (31/8).

KAYANTARA.COM, MALINAU – Satpol PP, Linmas dan Damkar Kabupaten Malinau siap memback up penyelenggaraan keamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 di Malinau. Khususnya, tenaga Linmas yang akan ditempatkan di Tenpat Pemungutan Suara (TPS).

Sekretaris Satpol PP, Linmas dan Damkar Malinau Tjito Wijaya mengatakan meski tidak terlibat langsung di tahapan penyelenggaraan Pilkada 2020, tetapi pihaknya akan tetap mendukung dan membantu.

“Khususnya bagi linmas-linmas yang akan ditempatkan di TPS nantinya,” ujar Tjito dalam pertemuan dengan KPU Malinau, Senin (31/8) siang.

Menurut Tjito, Satpol PP hanya menunggu informasi berapa jumlah kebutuhan personil yang akan dilibatkan dalam pengamanan Pilkada.

“Pada prinsipnya kami menunggu berapa jumlah linmas yang akan dibutuhkan untuk pengamanan Pilkada ini,” katanya.

Dia menyarankan atribut calon yang dipasang mesti sesuai yang telah diatur oleh Peraturan Daerah. Sebab, di beberapa titik bisa menganggu pengguna jalan.

“Mengenai atribut calon, mungkin itu bisa ditertibkan baik dari Bawaslu maupun KPU. Karena biar bagaimana pun menempatkan pada tempat-tempat tidak pas sudah menyalahi Perda,” ungkapnya.

Paling tidak, kata Tjito, untuk menertibkan atribut pasangan calon yang tidak tepat, dapat bersama-sama menertibkannya.

“Contoh dipersimpangan jalan lampu merah. Itu sudah menganggu pengguna jalan, karena tertutupi. Jadi mungkin bisa bersama-sama untuk menertibkan,” pungkasnya. (adv/eby)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here