Medco EP Tarakan Turut Membantu Proses Belajar Mengajar Jarak Jauh dengan Optimal

PT Medco E&P Blok Tarakan saat menggelar pelatihan dan Pendampingan Peningkatan Kapasitas Guru dan Kepala Sekolah dalam Pembelajaran Jarak Jauh selama dua bulan di tengah pandemi Covid-19. 

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Metode pembelajaran di Indonesia berubah secara tiba-tiba melalui online akibat pandemi Covid-19.

Berbagai tantangan harus dihadapi para guru dan siswa. Oleh karena itu, PT Medco E&P Indonesia (Medco E&P) Blok Tarakan turut membantu agar proses belajar mengajar terus berjalan dengan optimal melalui Pelatihan dan Pendampingan Peningkatan Kapasitas Guru dan Kepala Sekolah dalam Pembelajaran Jarak Jauh selama dua bulan.  

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan secara online pada Kamis (3/9/2020), menghadirkan nara sumber Tim School of Universe yang dipimpin Lendo Novo, penggagas konsep sekolah alam yang sekolahnya sudah banyak berdiri di Indonesia dan luar negeri. 

Kegiatan pelatihan ini melibatkan para guru dan kepala sekolah dari tujuh sekolah dasar negeri dan swasta di Kota Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Mereka mendapatkan pembekalan dalam penyiapan modul pembelajaran jarak jauh. Selain pelatihan, mereka juga mendapatkan pendampingan secara online dari tim ini selama dua bulan. Selain para guru dan murid, orangtua murid  juga akan mendapatkan pembekalan sehingga dapat mendampingi anaknya sesuai konsep belajar menyenangkan dan kreatif.

Menurut Lendo Novo, dalam siaran persnya, konsep pembelajaran daring tidak hanya dengan menerapkan pembelajaran menggunakan teknologi internet saja.

Pembelajaran daring harus menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menstimulasi  bakat dan kreatifitas. Untuk itu harus direncanakan dengan mempertimbangkan lingkungan murid dan masyarakatnya.

“Tidak cukup guru di kelas saja, manajemen sekolah juga beradaptasi dan memerlukan keterlibatan orang tua sebagai fasilitator utama anak. Metode penyampaian kurikulum dalam pembelajaran jarak jauh akan sangat disesuaikan dengan kondisi lingkungan murid,” ujarnya.

VP Relation & Security PT Medco E&P Indonesia Drajat Panjawi berharap program ini dapat benar-benar meningkatkan kapasitas guru sehingga proses belajar mengajar di sekolah-sekolah para guru tersebut berjalan dengan baik dan optimal.

“Kami berkomitmen akan terus membantu masyarakat dari berbagai aspek dalam menghadapi dampak Pandemi COVID-19 ini,” ujar Drajat Panjawi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tarakan, Tajuddin Tuwo, beserta stafnya Hendi Suhendi selaku Sekretaris Disdikbud, Kasi Pembinaan Sekolah, Bambang Harijadi Dalam sambutannya, Tajuddin menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan kontribusi para guru  se Tarakan, khususnya yang tergabung dalam gugus tujuh. (sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here