Empat Bacada Jalani Tes Kesehatan selama 8 Jam di RSUD Tarakan

Libatkan 20 Dokter Spesialis, 9 Psiater dan 7 Petugas BNN Kaltara

Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Kaltara saat menjalani prosesi pemeriksaan kesehatan di RSUD Tarakan, pagi tadi.

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Tahapan Pilkada Serentak 2020 berlanjut hari ini, Senin (7/9). Yaitu pemeriksaan kesehatan yang dijadwalkan hingga 11 September di RSUD Tarakan.

Empat pasangan bakal calon kepala (Bacada) daerah telah mengikuti setiap tahapan yang berlangsung sejak pukul 08.00 hingga 17.00 Wita tersebut.

Dari keempat pasangan Bacada ini, tiga diantaranya merupakan kontestan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara yang resmi mendaftarkan diri di KPU Kaltara di Tanjung Selor, kemarin.

Sementara sisanya adalah pasangan Bacada Tana Tidung. Yakni paslon Markus-Hamzah. Adapun ketiga Bacada gubernur dan wakil gubernur Kaltara tersebut ialah Zainal Airifin Paliwang-Yansen TP, Udin Hianggio-Undunsyah, dan petahana Irianto Lambrie yang berpasangan dengan Irwan Sabri.

Selain itu, di tempat yang sama, empat pasangan Bacada Bupati dan Wakil Bupati Nunukan, Malinau dan Tana Tidung menjalani tes psikologis yang diperkirakan berlangsung selama 5 hingga 6 jam.

“Bagi yang mengikuti test psikolog hari ini, besok baru dilakukan pemeriksaan kesehatan. Dan bagi yang harus sudah tes kesehatan, besok dilakukan tes psikologi atau kejiwaan,” jelas Direktur RSUD Tarakan, dr Hasbi Hasyim.

Dari pantauan Kayantara.com, empat Bacada mengikuti pemeriksaan mulai dari tanda-tanda vital (TTV), Elektrokardiogram (EKG), dan berlanjut pengambilan sampel darah.

Beriktunya para Bacada menjalani pemeriksaan Ultrasonografi (USG) transvaginal dan abdomen, pengecekan urin dan napza.

Kemudian berlanjut pada tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI), pemeriksan fisik meliputi internist, jantung dan ecko, paru, mata, gigi, mulut, THT dan lainnya.

“Pemeriksaan kesehatan yang paling krusial sebenarnya narkoba, karena itu yang sering menjadi masalah. Makanya kami serahkan ke BNN (Badan Nasional Narkotika) Kaltara untuk pemeriksaan narkoba,” ujarnya.

Hasbi menyebutkan dalam pemeriksaan kesehatan tersebut pihaknya menurunkan 20 dokter spesialis, 9 psiater dan 7 petugas BNNP Kaltara. “Hasilnya akan disampaikan secara kumulatif pada tanggal 11 September nanti ke KPU. Mengenai pemeriksaan swab di luar tanggung jawab kami,” pungkasnya.

Dua Paslon Bacada Tana Tidung juga Ikuti Tes Kesehaan dan Psikologi di Hari Pertama

SEMENTARA itu, dari empat pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Tana Tidung, satu diantaranya lebih dulu telah mengikuti tes kesehatan di tempat yang sama.

Paslon tersebut adalah Markus-Hamzah. Sama dengan Bacada Gubernur dan Wakil Gubernur, Kontestan Pilkada Serentak KTT ini mengikuti tes kesehatan selama delapan jam.

Sedangkan, satu paslon Bacada KTT lainnya yakni Ibrahim Ali-Hendrik lebih dulu mengikuti tes psikologi dari 16 Bacada se-Kaltara pada hari pertama tersebut.

Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Tana Tidung Markus-Hamzah bersama KPU dan Direktur RSUD Tarakan dalam prosesi pemeriksaan kesehatan di Tarakan

Tes psikologi yang dijalani Ibrahim-Hendrik dilakukan bersama Bacada Bupati dan Wakil Bupati Nunukan dan Malinau yang berlangsung kurang lima jam.

Alhasil, baik tes kesehatan maupn kejiwaan Bacada di hari pertama dinyatakan sehat walafiat. Meski begitu, Hasby menuturkan, kepastian hasil tes kesehatan dan psikologi akan diketahui pada 11 September nanti yang diserahakan kepada KPU Tana Tidung.

Selanjutnya, bagi paslon yang telah mengikuti tes kesehatan di hari pertama akan menjalani tes psikologi di hari kedua pada Selasa (8/9) besok.

Paslon itu adalah Markus-Hamzah. Sebaliknya bagi yang telah mengikuti tes psikologi, di hari kedua akan menjalani pemeriksaan kesehatan. Yaitu Ibrahim-Hendrik. (sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here