Hujan Disertai Angin Kencang Penyebab Listrik Padam

Foto: PLN Tarakan

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Manajer PLN UP3 Tarakan Suparje Wardiyono mengatakan penyebab listrik pada Senin malam (26/10/2020) karena hujan lebat yang disertai angina kencang.

Kondisi cuaca yang tak bersahabat sekitar pukul 19.06 Wita malam itu mengakibatkan pohon tumbang di depan Taman Berlabuh Kelurahan Lingkas Ujung yang mengenai jaringan TM 20 kV.

“Hal tersebut menyebakan  relay under frequency bekerja menyebabkan penyulang Tarakan 03, Tarakan 01, Tarakan 04, Tarakan 08 dan Tarakan 10,” jelasnya.

Berikut wilayah yang mengalami pemadaman listrik pada Senin malam (26/10):

  • Kampung Baru, Karang Anyar, Kampung Bugis, Sebengkok, Lingkas Ujung, Gunung Lingkas,  daerah sekitar Masjid Al Maarif, Selumit Pantai, Sesanip, Intraca, Juata, Kelurahan Pantai Amal, Kampung 4, Kampung 6, Ladang, Skip, Gunung Slipi,  Karang Rejo, Gusher, Cendrawasih, Lestari, dan Mulawarman.

“Selain di dekat Taman Berlabuh, pohon Tumbang mengenai jaringan juga terjadi di Skip, dekat kantor Walikota , dekat Kodim, di Jalan Mulawarman, Mamburungan dan Amal,” sebut Suparje.

Penormalan dilakukan secara bertahap setelah sebelumnya jaringan diamankan dari pohon yang tumbang dengan dibersihkan dan dicek kondisi jaringan.

“Secara bertahap  Tarakan 01 normal pada pukul 21.36, Tarakan 03 pukul 21.38, Tarakan 05 pukul 21.39, Tarakan 06 pukul 21.40. dan Tarakan 08 pukul 21.30 Wita. Kemudian diikuti Tarakan 10 pada pukul 22.08, Tarakan 02 pada 22.19 serta Tarakan 04 pukul 22.43 Wita,” katanya.

Sementara untuk daerah Ladang Skip sampai Slipi Kampung Enam ada gangguan besar, dan menyala pada pukul 04.45 Wita.

Daerah yang mengalami kerusakan parah yaitu Pantai Amal Lama perlu pembersihan JTM dari pohon dan perbaikan Jaringan besar.

Selain yang terkena pohon tumbang adalah JTM 20 kV, juga mengenai beberapa titik lokasi terkena JTR 220 V, SR 220 V serta gangguan rumah.  Penanganannya dan perbaikannya secara bertahap dengan skala prioritas.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut dan berupaya berkoordinasi sehingga penyelesaikan gangguan sesegera mungkin. Kami mengucapkan terima kasih atas permaklumanmya,” pungkasnya. (sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here