Tingkatkan Kesejahteraan dan Keseimbangan, PLH Gelar Sosialisasi Perhutanan Sosial

Perkumpulan Lingkar Hutan (PLH) Kaltara ketika menggelar sosialisasi perhutanan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan dan keseimbangan lingkungan dan dinamika sosial budaya masyarakat.

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Perhutanan Sosial  atau PS adalah sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan dalam kawasan hutan negara atau hutan hak/hutan adat yang dilaksanakan masyarakat setempat.

Hal ini untuk meningkatkan kesejahteraan, keseimbangan lingkungan dan dinamika sosial budaya masyarkat.

Bulungan merupakan salah satu daerah yang turut didorong untuk bisa memaksimalkan perhutanan sosial tersebut, pada Senin (26/10/2020), oleh Perkumpulan Lingkar Hutan (PLH) melakukan sosialisasi terkait PS di Desa Skatak Buji.

Direktur PLH Wastaman menyampaikan, secara umum ada ribuan hektar kawasan perhutanan sosial yang didorong pengelolannya. Sejauh ini khususnya di Bulungan sudah ada 11 desa yang mengelola perhutanan sosial.

“Dan kali ini Desa Sekatak Buji juga akan mengajukan PS itu. Untuk sama-sama membukanya informasi terkait PS, kita juga libatkan dinas Kehutanan  dan juga KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan),” ujarnya.

Setidaknya ada lima skema perhutanan  sosial, seperti, hutan desa, hutan kemasyarakatan, hutan tanaman rakyat, hutan adat dan Kemitraan Kehutanan.

Kepala Desa Sekatak Buji, Roni Paemmbonan, turut mengapresiasi hal ini.

“Pertemuan ini tindak lanjut kami bersama dengan BUMD sekatak buji, yang sebelumnya mengikuti sosialisasi Terkait hal serupa. Sebenarnya kalau di kecamatan Sekatak, ada Desa Liagu yang sudah mengajukan PS, dan selanjutnya Sekatak Buji,” paparnya.

Ia tak menampik, terkait PS masih awam, namun  ia menyakini program ini baik, apalagi nantinya pengelolaan bisa kerjasama dengan BUMD untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Ia menambahkan saat ini Sekatak sudah masuk dalam Peta Indikatif Perhutanan Sosial (Piaps).

“Sekatak ini secara administratif ada di Bulungan, namun untuk pengelolaan hutan masuk wilayah kayanya dibawah KPH kota Tarakan. Kali ini kita juga akan bentuk Lembaga untuk memfasilitasi program perhutanan  sosial,” pungkasnya. (adv)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here