Menkop Janji Bantu Pengembangan Koperasi Perikanan dan Pengrajin Batik Kaltara

KAYANTARA.COM, JAKARTA– Satu lagi, terobosan dilakukan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A. Paliwang berbuah hasil.

Pertemuan yang digelar oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Teten Masduki di Jakarta, Kamis (18/3), menghasilkan beberapa komitmen bersama untuk pengembangan koperasi dan UMKM di Kaltara.

“Saya menyambut gembira komitmen dan semangat Gubernur Kaltara yang baru dalam memperjuangkan kebangkitan koperasi perikanan, udang, rumput laut, batik, kopi di Kaltara. Kami akan beri bantuan pendampingan dan pelatihan untuk pengrajin batik,” kata Menteri Koperasi Teten Masduki.

Teten menjelaskan, pertemuan ini tak lepas dari nawacita Presiden Joko Widodo yang ingin mengembangkan koperasi terlebih budidaya laut.

“Demikian juga dengan sinergitas kami dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk mengembangkan koperasi dengan kekhususan budidaya hasil laut. Dan ini sejalan dengan nawacita Presiden Jokowi,” ujar Teten.

Sementara itu, Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang merespon positif kolaborasi yang akan dikerjakan Kementerian Koperasi dan UMKM.

“Potensi tambak yang dimiliki rakyat seluas 250 ribu hektare menjadi kekuatan besar jika dikelola dengan sentuhan manajemen perkoperasian yang modern,” katanya.

“Saya yakin komitmen yang disampaikan Pak Teten menjadi harapan besar untuk pengembangan produk ekspor dari Kaltara,” sambung mantan Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Utara ini.

Ketua Tim Sinkronisasi dan Percepatan Program Gubernur-Wakil Gubernur Kaltara Ari Junaedi berharap Universitas Borneo Tarakan menjadi pusat pengembangan inkubator UMKM dan koperasi. Sehingga bisa mendayagunakan alumni dan mahasiswa Universitas Borneo Tarakan.

Menteri Koperasi & UMKM Teten Masduki setuju dan akan mengirim tim ke Kaltara dalam waktu dekat untuk mewujudkan komitmen dari pertemuan hari ini.

Dalam pertemuan yang berlangsung cukup ringkas ini, Teten Masduki didampingi Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Eddy Satriya serta Staf Khusus Menkop UKM Riza Damanik.

Sedangkan Gubernur Zainal A. Paliwang disertai Asisten Pemerintahan Umum Datu Iqro Ramadhan dan Ketua Tim Sinkronisasi dan Percepatan Program Gubernur-Wakil Gubernur Kaltara Ari Junaedi. Dalam waktu dekat, Menkop UKM Teten Masduki berencana mengunjungi Kaltara untuk meninjau langsung kondisi koperasi dan UKM di lapangan. (diskominfo)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here