Pemkab Malinau Perketat Pengawasan Pilkades dan PilRT

KAYANTARA.COM,MALINAU–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau terus mempersiapkan pengawasan pemilihan kepala desa (Pilkades) yang dihelat 28 April 2021.

Yakni dengan membentuk tim pengawasan baik untuk pilkades maupun pemilihan ketua RT (PilRT) pada Mei mendatang,

Plh Bupati Malinau Dr.Ernes Silvanus mengungkapkan, pihaknya mengumpulkan seluruh element dan dinas terkait untuk mengawal jalannya pesta demokrasi yang ada di tingkat RT dan Desa.

“Karena apapun PilRT dan Pilkades pasti akan berdampak pada tingkat kabupaten. Karenanya kita rapatkan barisan yang dihadiri ketua DPRD, FKPD, dinas terkait hingga tingkat camat,” ujar Ernes, Senin (20/4)

Sejauh ini, kata Ernes, berdasarkan informasi diterima dari DPMD Malinau untuk daftar pemilih tetap (DPT) di 14 desa yang menyelenggarakan Pilkades berjumlah 15 ribu lebih dari 49 tempat pemungutan suara (TPS).

“Mengacu daripada itu kita pastikan pembagian tugas ke setiap asisten. Asisten 1 bertanggungjawab di wlayah Malinau Barat, Mentarang, Malinau Utara. Sedangkan asisten 2 itu berada di Malinau Selatan Hulu, Malinau Selatan Hilir dan Mentarang Hulu. Begitu juga Asisten III bertanggungjawab di Kayan Selatan, Kayan Hulu dan Kayan Hilir,” jelasnya.

Selain dari tanggungjawab para asisten, kata Ernes, DPMD dapat mengajukan dan merekomendasikan dinas-dinas lainnya agar dapat membantu dalam pengawasan proses pemilihan kepala desa serentak tersebut.

“Artinya dari masing-masing OPD dapat membantu pengawasan. Yang mana melihat proses dari pilkades itu, karena di desa sudah ada panitia pilkadesnya. Jadi kita di pemerintah berperan mengawasi,” tutur dia.

Apalagi, kata Ernes, DPMD sudah ditunjuk sebagai sekreatriat dalam penyelenggaraan Pilkades dan PilRT tersebut. “Sekretariat ini seperti desk. Artinya semua yang tentang data yang masuk sehubungan dengan Pilkades dan Pilrt menjadi satu pintu,” ujar dia.

Disisi lain, Ernes mensyukuri dimana dari sisi keamanan sangat membantu dalam proses Pilkades yang saat ini sedang berlangsung.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak kepolisian dan TNI yang sudah sigap lebih awal mulai dari pelaksanaan sosialisasi hingga masuk pada kampanye saat ini. Babinsa dan babimkabtimbasnya sesecara aktif melakukan monitoring demi menjaga kamtibmas pada pelaksaaan Pilkades dan PilRT,” pungkasnya. (eby)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here