Pemkot Siapkan Ruang Isoter di RS Bhayangkara

Wali Kota dr Khairul

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Seiring dengan adanya instruksi presiden yang meminta kepala daerah untuk menyiapkan tempat-tempat isolasi terpusat atau isoter di daerah masing-masing.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kota Tarakan turut serta menyiapkan ruangan Isolasi Terput di salah satu rumah sakit yang ada di Kota Tarakan.

“Kita sediakan layanan isoter di rumah Sakit Bhayangkara dengan kapasitas ruangan 100 tempat tidur,” ujarnya

Ia juga mengungkapkan ruangan isoter saat ini masih terbatas. “Kapasitasnya masih terbatas karna hanya 100 tempat tidur sedangkan pasien yang sedang menjalani isoman lebih dari 2.400 pasien yang nantinya akan didata melalui lurah dan RT Siaga,” katanya

Sedangkan fasilitas isoter sama dengan fasilitas kesehatan lainnya. seperti tempat tidur, perawat pasien, kipas dan lainnya.

“Sama fasilitasnya seperti fasilitas kesehatan pada umumnya dan juga langsung diawasi tenaga kesehatan, perawat seperti pola makan, obat-obatan, pantauan tanda vital, gejala, dan juga penanganan langsung apabila kondisi kesehatan memburuk,” jelasnya

Untuk mendapatkan ruangan isoter, kriteria pasein yaitu pasien kurang mampu yang memiliki gejala.

“Kalau kriterianya pastinya bergejala, dan kalau misalkan pasiennya Orang Tanpa Gelaja (OTG) dan kurang mampu secara ekonomi serta rumah nya tidak layak untuk dijadikan isolasi dan butuh pantauan lebih lanjut kita lakukan Isolasi Terpusat juga,” terangnya. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here