Pelabuhan PKN Punya Potensi sebagai Median Perniagaan di Kaltara

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Sebagai upaya meningkatkan sarana ekspor impor di Ibu kota provinsi, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum mengunjungi PT Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) di Desa Apung, Kabupaten Bulungan, Sabtu (28/8/2021).

Kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat pelabuhan milik PT PKN, di mana potensi pelabuhan itu bisa dijadikan sebagai medium perniagaan di provinsi paling bungsu ini.

“Khususnya lebar dan kedalaman sungainya kita lihat,” jelas Gubernur.

Dalam beberapa hari ke depan, Gubernur juga akan meninjau lokasi lainnya yang dianggap layak. Sehingga dari sejumlah tempat itu akan dipilih satu untuk menjadi pelabuhan niaga.

“Maka dari itu kita akan pilih yang paling layak. Kita lakukan kunjungan kali ini khusus untuk meninjau dan melihat langsung situasi dan kondisi sungai,” paparnya.

Gubernur menjelaskan, pelabuhan niaga merupakan fasilitas di ujung samudra, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang ke dalamnya. Pelabuhan biasanya memiliki alat-alat yang dirancang khusus untuk memuat dan membongkar muatan kapal-kapal yang berlabuh.

“Seperti crane (derek jangkung) dan berpendingin juga disediakan oleh pihak pengelola maupun pihak swasta yang berkepentingan. Sering pula disekitarnya dibangun fasilitas penunjang seperti pengalengan dan pemrosesan barang,” tuntas Gubernur. (adpim)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here