Produk UMKM Bulungan Bakal Dipasarkan di Brunei Darussalam

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Koperasi Bumi Putra Brunei Berhad berencana membuka minimarket di negara Brunei Darussalam yang akan memasarkan produk Indonesia dan produk lokal UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), khususnya dari Kabupaten Bulungan.

Hal itu disampaikan dalam pertemuan dengan Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si pada Senin (14/9).

Dijelaskan, produk yang akan dipasarkan di Brunei sebelumnya harus ada dukungan dari pemerintah daerah asal produk UMKM. Lalu produk diseleksi Dinas Perindagkop kabupaten serta memiliki sertifikat halal. Produk dimaksud seperti makanan dan minuman ringan.

Dalam rencana kesepakatan awal dengan Sultan Brunei disebutkan, produk yang dijual terdiri produk Indonesia 80 persen dan produk lokal pelaku UMKM 20 persen. Namun pihak koperasi tidak menutup kemungkinan produk UMKM bisa ditingkatkan sampai 70 persen jika diminati masyarakat Brunei.

Ditambahkan, pihak Brunei juga sudah menyiapkan pesawat kargo sampai ke Tanjung Selor untuk mengangkut produk-produk UMKM asal Bulungan.

Pihak koperasi menargetkan bulan ini sudah terjalin kesepakatan dengan pihak Brunei dan bulan depan mulai proses pembukaan toko. (hms)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here