Ahim Ramaikan HUT ke 9 Kaltara dengan Taklukan Sungai Kayan

KAYANTARA.COM, TANJUNG SELOR – Menyemarakan hari jadi ke 9 Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), perenang tradisional asal Tarakan Ibrahim Rusli melakukan eksepedisi renang mengarungi sungai kayan sepanjang 3,8 kilometer (km), Minggu (24/10/2021).

Aksi yang dilakukan pria berusia 56 tahun ini, dilepas langsung oleh Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH. M.Hum. Sebelum memulai ekspedisi renang, Ahim sapaan Ibrahim Rusli, sempat berlari dari Tugu Cinta Damai, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Dengan berlari kurang lebih sekitar 5 km, Gubernur bersama Ibrahim menuju jembatan Tanjung Palas, yang menjadi lokasi awal ekspedisi renang. Setibanya di garis star, Ahim memulai berenang dari jembatan Sungai Kayan menuju Tugu Cinta Damai.

Ibrahim Rusli mengatakkan, ekspedisi renang ini dilakukan untuk menyemaraki HUT ke 9 Kaltara. Di mana, kegiatan ini sudah mendapatkan dukungan dari Gubernur Kaltara, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar tanpa adanya hambatan yang berarti,” kata Ibrahim Rusli.

Ibrahim Rusli menjelaskan, untuk melakukan ekspedisi renang ini tidak membutuhkan persiapan khusus. Hanya saja, sebelum mulai mengarungi sungai kayan dibutuhkan pemanasan yang cukup, seperti berenang pada umumnya.

“Kalau kendala tidak ada, apalagi saat berenang tadi terbantukan oleh arus sungai, paling kalau ada kendala hanya adanya gangguan dari batang hanyut,” jelasnya.

Ibrahim Rusli berharap, diusia yang ke 9 tahun Kaltara semakin maju dan pembangunan khususnya infrastruktur yang ada semakin berkembang, sehingga masyarakat di Kaltara semakin sejahtera.

“Sebagai masyarakat Kaltara, semoga kedepannya Kaltara semakin maju dan masyarakatnya sejahtera di bawah kepemimpinan Gubernur Zainal dan Wakil Gubernur (Wagub) Yansen TP,” harap Ibrahim Rusli.

Sementara itu, Gubernur mengungkapkan, ekspedisi renang di Sungai Kayan patut mendapatkan apresiasi. Apalagi, seperti diketahui Ibrahim Rusli merupakan salah satu perenang handal yang memiliki sejumlah pengalaman.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, saya sangat mendukung kegiatan yang dilakukan Ibrahim Rusli, apalagi kegiatan yang dilakukan itu bisa mengangangkat nama Kaltara,” ungkapnya.

Ekspedisi renang ini, lanjut Gubernur, selain merupakan kegiatan olahraga tradisional tapi juga dapat mengangkat potensi wisata yang ada di Kaltara. Di mana, seperti diketahui, Sungai Kayan ini memang memiliki segudang potensi wisata yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, jika dikelola dengan baik.

“Bisa kita lihat, sepanjang sungai kayan ini banyak spot yang cocok dijadikan destinasi wisata, jadi perlu kita gali lebih jauh lagi agar dapat memberi nilai ekonomis bagi masyarakat,” bebernya.

Disela-sela mengikuti kegiatan ekspedisi renang, Gubernur turut meyempatkan diri menyaksikan sejumlah pertunjukan seni bela diri yang dilaksanakan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Kaltara. (dkisp-kaltara)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here