Festival Budaya Kaltara Meriahkan Puncak Hari Armada RI 2021

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Ratusan seniman dari Kalimantan Utara (Kaltara) tampil memukau membawakan tarian adat Dayak, Tidung dan akulturasi budaya Bumi Benuanta.

Kegiatan kolaborasi budaya yang mengundang perhatian dari masyarakat ini ditampilkan untuk memeriahkan puncak hari Armada Republik Indonesia tahun 2021. Dengan tajuk Navy Night Festival Budaya Kaltara yang digelar di Mako Lantamal XIII Tarakan, pada Sabtu malam (11/12/2021).

Acara dibuka dengan penampilan seniman membawakan doa mantra yang menggambarkan suku Dayak bertata cara dalam doa.

Kolaborasi Sape dengan alat musik lainnya, menggema mengiringi penampilan tarian Punan Leto, Manuk Isit, Arang Busak Baku, Bangen Tawai, Iluk Pagun Benayuk, Iluk Sedungan, Bejiu Syafor, Ulin Lingkuda, Spirit Of Intimung, hingga Jepin Pagun.

Tarian dirangkai dalam sebuah cerita yang menggambarkan perjalanan dari masa ke masa peradaban Dayak pedalaman dan pesisir yang berakulturasi dengan budaya lain Nusantara.

Danlantamal XIII Tarakan Laksma TNI Edi Krisna Murti menyampaikan Festival Budaya ini tidak menonjolkan salah salah satu etnis budaya tertentu.

“Terlalu sempit panggung ini untuk menampilkan kekayaan budaya Kaltara. Satu pesan terpenting dalam rangkaian tari ini, bahwa keberagaman dapat berjalan selaras berdampingan dalam bingkai Bhineka Tunggal Eka,” ujarnya.

Edi mengungkapkan Festival Budaya yang diprakarsai TNI AL ini bertujuan untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya di Kaltara. Serta memperkuat sinergitas TNI AL melalui Lantamal XIII dengan instansi pemerintah.

“Mulai dari Forkopimda hingga masyarakat. Acara puncak Festival Budaya ditutup dengan tari Semanjau, yang menggambarkan indahnya saling menghormati dalam kebersamaan,” ungkapnya

Selain itu, festival budaya dilaksanakan agar dapat menyatukan semua elemen budaya yang ada.

“Kita ingin meningkatkan budaya di kaltara sehingga produksi kaltara dapat menjadi perhatian baik bagi nasional maupun internasional,” kata Edi.

Bahkan kegiatan seperti ini, lanjut Edi, dapat menjadi wisata dengan mengangkat budaya yang ada di Kaltara.

Melalui acara puncak rangkaian kegiatan Hari Armada RI Tahun 2021 yang juga disiarkan secara Live di kanal Youtube Dispen Lantamal XIII, diharapkan berhasil mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk turut melestarikan budaya daerah ke tingkat Nasional maupun Internasional. (pri)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here