Opera Gema Tanah Air Nusantara Akan Menggema di IKN 20 Juni

Sutradara Opera Gema Tanah Air Nusantara M. Syabir bersama para pendukung OGTAN. (Foto Hamdani/Niaga.Asia)

KAYANTARA.COM, PENAJAM – Di tengah keriuhan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di zona inti Sepaku, 150 orang lebih pelajar dan guru SD Negeri 020 Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, 20 Juni 2023 nanti bakal menggelar Opera Gema Tanah Air Nusantara (OGTAN).

Sutradara dan penulis naskah OGTAN, M. Syabir menyampaikan, garapannya ini merupakan upaya menjahit keberagaman budaya Indonesia yang berada di IKN.

“Sehingga materi seni yang ditampilkan anak-anak nanti adalah wujud kebhinekaan budaya Nusantara yang artistik dan kaya warna. Itu kami gambarkan dalam alur ceritanya,” kata salah satu penerima Anggerah Kebudayaan Kaltim tahun 2022 kepada Niaga.Asia, Minggu (11/6/2023).

Meski melibatkan banyak pendukung, namun menurut Syabir yang sudah berpengalaman terlibat dalam penggarapan pentas kolosal ini, tetap ada penokohan yang membawa alur cerita.

Dia menyebut ada beberapa tokoh sentral dan kelompok seni dalam opera, di antaranya Lenting, Lentas, Kakek Bayau, Ibu Guru, Gentar, pembaca puisi, penari robot, penari flora dan fauna, penari topeng, pantomim, paduan suara dan penari Nusantara.

OGTAN yang akan digelar pukul 09.00 Wita di halaman SD Negeri 020 Sepaku itu melibatkan para siswa sebagai pemain di lapangan. Sedang para guru sekolah itu, tutur Syabir ada yang terlibat sebagai pemain, tetapi lebih banyak sebagai pendukung produksi.

Proses penggarapan, ujar Syabir, sudah masuk ke tahap finishing.

“Anak-anak sangat bersemangat mengikuti latihan. Kami juga sekarang sedang menyelesaikan busana dan properti yang kami oleh dari limbah ramah lingkungan,” imbuhnya.

“Alhamdulillah, bapak kepsek dan guru-guru sangat mendukung kegiatan ini. Baik moril maupun materiil,” pungkasnya.

Sumber: Niaga.Asia

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here