Abhan: Panwascam dan PPS Ujung Tombak Penyelenggara Pilkada

Ketua Bawaslu RI, Abhan saat menyampaikan paparanya dalam rapat koordinasi evaluasi Pemilu 2019 se-Provinsi di Hotel Swissbell Tarakan. (Foto:Mansyur/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM, TARAKAN-Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Abhan, mengatakan, ujung tombak pelaksanaan pemilu maupun pilkada terletak pada penyelenggara di tingkat bawah.

Yaitu, sebut dia, panitia pengawas kecamatan (panwascam) dan panitia pemungutan suara (PPS). “Kesukseskan pemilu dan pilkada itu bukan hanya ada di KPU, tapi seluruh organ yang terlibat di dalam penyelenggara pemilu atau pilkada itu.

Artinya, sukses atau tidaknya menjadi tanggungjawab kita bersama,” tegas Abhan dalam rapat koordinasi evaluasi Pemilu 2019 se-Provinsi di Hotel Swissbell Tarakan, Rabu (4/12). Dalam hal ini para komisioner di Bawaslu maupun KPU pusat, provinsi dan kabupaten kota.

Menurutnya, sekecil apapun persoalan yang muncul dari tingkat bawah tentunya menjadi pokok pembahasan bagi penyelenggara di tingkat atas. “Sehingga saya menilai ujung tombak penyelenggara pemilu dan pilkada itu ada pada Panwascam dan PPS,” tambahnya.

Selama pemilu 2019, lanjut Abhan, ada beberapa catatan baik yang perlu dipertahankan. “Sebaliknya kalau ada yang kurang kita perbaiki. Untuk itu, evaluasi sangat penting untuk mempersiapkan langkah kita di pilkada serentak tahun depan,” demikian Abhan.(*)

Editor: Mansyur Adityo

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here