Disdukcapil Nunukan Programkan Sikuda Tua

Kepala Disdukcapil Nunukan, Akhmad (Foto: Oktavianus/Kayantara.com)

KAYANTARA.COM,NUNUKAN-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Nunukan terus berinovasi demi meningkatkan pelayanan kependudukan.

Salah satunya melalui Program Sikuda Tua (Sistem Aku Datang untuk Anda). Progam layanan jemput bola kependudukan ke pemukiman masyarakat di kecamatan yang sulit terjangkau dengan Disdukcapil.

“Semua pelayanan kependudukan pada program itu akan kita buka, karena hampir semua kecamatan sudah memiliki alat pendukung,” kata Kepala Disdukcapil Nunukan, Akhmad, S. IP, Selasa (3/3/2020).

Program ini juga sebagai upaya terhadap perangkat pendukung yang tak berfungsi lagi di beberapa kecamatan. “Sehingga kami akan turun langsung untuk cetak di sana. Pokoknya terima beres, langsung jadi tidak perlu lagi ke Kantor Disdukcapil,” ujarnya.

“Insha Allah kita akan lakukan di setiap kecamatan, karena program ini dukungan dari Pemprov Kaltara melalui program Sipelandukilat,” tambah Akhmad.

Selain pembuatan e-KTP, layanan jemput bola ini juga menyediakan pendataan kartu identitas anak (KIA) yang sejauh ini pendataannya masih diinventarisir. Termasuk layanan pembuatan akte kelahiran, perkawinan dan data kependudukan lainnya.

“Soal KIA kami sudah berkordinasi dengan kecamatan untuk menyurati ke setiap sekolah untuk mengirimkan data, setelah itu kami proses dengan kisaran ada 6000 lebih,” sebutnya.

Ditambahkan Akhmad, penerbitan KIA tidak hanya sekadar kartu identitas melainkan dapat digunakan untuk kepentingan lainnya. Seperti pemberian diskon di tempat-tempat yang menjadi mitra Disdukcapil, salah satunya kolam renang.

“Rencananya juga kami akan mencoba untuk bermitra dengan toko buku dan toko seragam sekolah, sebagai rangsangan agar anak-anak termotivasi untuk membuat KIA,” demikian Achmad. (*)

Reporter: Oktavianus

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here