Rekor Nasional, Jumlah Hewan Kurban Baznas Tarakan Terbanyak Tingkat Kabupaten Kota

Kepala Kantor Perwakilan BI Kaltara Yufrizal secara simbolis menyerahkan dua ekor sapi kurban kepada Baznas Tarakan, belum lama ini.

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tarakan mengukir rekor nasional dalam perayaan Iduladha 1441 hijriah/2020 masehi.

Berdasarkan catatan Baznas Republik Indonesia, jumlah hewan kurban yang disembelih Baznas Tarakan sebanyak 16 ekor sapi dan 55 kambing pada perayaan Iduladha 31 Juli lalu, merupakan yang terbanyak dari seluruh Baznas tingkat kabupaten kota se-Indonesia.

“Secara keseluruhan memang masih ada Baznas DKI Jakarta, Baznas Jawa Barat dan Jawa Tengah yang terbanyak. Tapi itu Baznas tingkat provinsi, kalau untuk level kabupaten dan kota, Baznas Tarakan yang menempati rangking jumlah kurban terbanyak se- Indonesia,” kata Ketua Baznas Tarakan K.H.Zainuddin Dalila, Selasa (4/8).

Bahkan, jumlah hewan kurban Baznas Tarakan tersebut berada di atas Baznas Provinsi Sulawesi Selatan dan DI Yogyakarta.

“Seluruh Baznas se-Indonesia memberikan laporan kegiatan kurban ke Baznas pusat, makanya kami tahu secara keseluruhannya dan bisa membanding-bandingkan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban Baznas Tarakan Juliansyah, SE mengatakan, dua ekor hewan kurban sapi yang diberikan secara perorangan berasal dari masing-masing Wali Kota Tarakan dr Khairul, dan seorang pengusaha muslim bernama H.Amiruddin.

Selebihnya sebanyak 14 ekor adalah hewan kurban secara kolektif. Selain hewan kurban, Baznas juga menerima sedekah 250 kilogram (kg) daging ayam dari muzaki. “Diantaranya dari Hadi Alfans Supermarkat STB sebanyak 100 kg. Semua hewan kurban sudah tuntas dipotong dan disalurkan,” ujarnya. (baztrk/sur)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here