Senator Hasan Basri Mengutuk Keras Penusukan Syekh Ali Jaber di Lampung

Hasan Basri

KAYANTARA.COM, JAKARTA – Senator asal Kalimantan Utara (Kaltara), Hasan Basri, yang juga merupakan Wakil Ketua Komite II DPD RI mengutuk peristiwa penusukan Syekh Ali Jaber di Lampung, Minggu (13/9).

Menurutnya, keselamatan ulama, da’i dan ustaz saat berceramah harus dilindungi oleh pemerintah.

“Terhadap pelaku penusukan Ustaz Ali Jaber, saya sebagai Wakil Komite II dan atas nama masyarakat yang mencintai ulama mengutuk keras, dan meminta pihak aparat penegak hukum menindak dan memproses dalang di balik kejadian ini. Keselamatan para ulama da’i dan ustaz harus dilindungi,” ujar HB, sapaan akrabnya, dalam siaran persnya, Minggu (13/9).

Dia juga meminta aparat kepolisian segera menindak tegas pelaku dan mencari tahu apa motif aksi nekat pemuda tersebut. 

“Saya meminta aparat kepolisian segera menindak tegas pelaku, harus segera diproses hukum. Dilihat dari oknum yang menusuk terbilang masih muda belia,” ucapnya.

Senator yang sering mendatangkan ulama ke Kaltara ini menduga, ada orang lain yang menyuruh pelaku melakukan penusukan. Motifnya, kemungkinan berniat mengadu domba umat Islam dan mengganggu stabilitas keamanan NKRI.

“Aparat kepolisian harus tindak tegas dan segera ungkap kejadian ini,” katanya. 

Ustaz Syekh Ali Jaber dikabarkan telah mengalami peristiwa penusukan oleh orang tak dikenal di Lampung. 

“Jadi benar ada kejadian penusukan dari seorang pelaku di tengah kegiatan masyarakat yang bersifat keagamaan dengan mengundang Syekh. Pas kegiatan itu, terjadi penusukan yang dilakukan seseorang yang tidak dikenal,” ujar Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad kepada media.

Syekh Ali Jaber ditusuk saat sedang mengisi ceramah di Masjid Falahuddin, Bandar Lampung. Video detik-detik orang tak dikenal itu juga beredar di media sosial.

Dari video itu, Syekh Ali Jaber tampak sedang berada di atas panggung. Mendadak ada seorang pria naik ke atas panggung dan menusuk pendakwah tersebut. Para peserta ceramah langsung histeris. (mediaHB)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here