Ngaku TNI dan Berbekal Pistol Mainan, Zulkifli Diamankan Unit Intel Kodim Tarakan

GADUNGAN : Tampak Zulkifli saat diamankan Unit Intel Kodim 0907 Tarakan setelah mengaku sebagai oknum TNI pada Sabtu, 24 Januari 2021 malam.

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Berbekal baju loreng khas TNI dan pistol mainan, Zulkifli (30) tentara gadungan akhirnya dibekuk
Unit Intel Kodim 0907 Tarakan pada 24 Januari 2021 malam.

Komandan Kodim 0907 Tarakan, Letkol Inf Eko Chandra Listianto melalui Dan Unit Intel Kodim 0907, Letda Hotbin Robby Sirait menerangkan awalnya warga sempat melapor kepada pihaknya terkait adanya dugaan pemerasan oleh oknum TNI.

Ketika dilakukan pemantauan mengenai laporan warga. Zulkifli terpantau sering lalu-lalang di pemukiman warga menggunakan baju loreng khas TNI. Zulkifli juga sering melakukan pemerasan dengan menakuti korbannya dengan pistol mainan.

“Pelaku mendapatkan sesuatu yang diharapkan. Barang atau berupa uang. Kemudian yang bersangkutan telah lama beraksi di Tarakan,” ungkap Dan Unit Intel Kodim 0907/Tarakan Letda Hotbin Robby Sirait.

Tindakan TNI gadungan tersebut tak hanya meresahkan warga, namun juga pihaknya yang menganggap hal itu bukanlah ciri khas TNI.

“Dia melakukan tindakan di luar profesinya sebagai warga negara yang baik,” singkatnya.

Lantaran aksinya itu, Zulkifli harus diamankan di Makodim Tarakan beserta barang bukti berupa atribut TNI dan pistol mainan.

“Sementara yang bersangkutan akan kita tahan 1×24 jam untuk menerima informasi dari semua unsur-unsur yang kita dapatkan. Anggota Unit Intel melakukan tindakan secara persuasif dan mengamankan yang bersangkutan karena itu merupakan tugas teritorial,” tuturnya. (iek/kp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here