Gempa Dirasakan di Tiga Kabupaten di Kaltara

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Gempabumi tektonik 4.4 magnitudo mengguncang Tanjung Selor dan Nunukan sekitar pukul 22.31 WITA pada Rabu, 17 Februari 2021.

Rilis yang diterima kayantara.com dari BMKG Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter M=4.4 terjadi pada koordinat episenter pada 4.00 LU dan 117.45 BT, atau tepatnya berlokasi 64 km Timur Laut Tanatidung, Kalimantan Utara pada kedalaman hiposenter 34 km.

Diterangkan Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya, S.Si memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Berdasarkan laporan masyarakat gempa bumi ini dirasakan di Tanjung Selor dan Nunukan dengan intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata di dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk lewat). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulakan gempa bumi tersebut.

“Hingga hari Selasa, 17 Februari 2021 pukul 23:03 WITA, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” tulisnya dalam rilis. “Kepada masyarakat di wilayah Tanjung Selor dan Nunukan diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” sambungnya. (iek)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here