101 Ekor Sapi dari Sulawesi Tiba di Tarakan, Karantina Nyatakan Bebas dari Penyakit

Ratusan hewan sapi dan kambing yang didatangkan dari Sulawesi saat tiba di Malundung Tarakan

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Sebanyak 101 ekor sapi dan 80 kambing yang didatangkan dari Sulawesi tiba di Tarakan pada Senin (13/6/2022). Termasuk 109 kilogram (kg) daging sapi.

Kedatangan ratusan sapi dan kambing yang menjelang hari raya Idul Adha 1443 hijriah itu terlebih dahulu dilakukan cek kesehatan oleh Karantina Pertanian Tarakan.

“Hasil pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan fisik dan visual, serta pemeriksaan kelengkapan dokumen. Hasilnya semua lengkap dan diizinkan untuk masuk,”  kata Pejabat Karantina Pertanian Tarakan Wilker Malundung, Bambang dalam keterangan persnya, Selasa (14/6).

Dikatakan pemeriksaan dilakukan seiring pemasukan sapi dan kambing yang meningkat menjelang Idul Adha. Hal ini menjadi perhatian khusus Karantina Pertanian Tarakan untuk lebih meningkatkan pengawasan.

Pihaknya mengungkapkan bahwa Karantina Pertanian Tarakan akan menjamin kesehatan hewan ternak yang masuk di Tarakan.

“Pemeriksaan dilakukan guna mencegah masuknya hama penyakit hewan karantina di wilayah Kaltara. Biosekuriti juga diterapkan dalam rangka menghindari adanya PMK yang sedang merebak,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Karantina Pertanian Tarakan, Ahmad Mansuri Alfian menegaskan bahwa sebagai perpanjangan tangan dari Kementerian Pertanian dan Badan Karantina Pertanian, pihaknya senantiasa menjaga wilayah Kaltara tetap bebas dari PMK. (kyt)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here