7.000 Pekerja Rentan Dapat Perlindungan Sosial Baru

KAYANTARA.COM, TARAKAN – Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum kembali menyerahkan bantuan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada tambahan 7.000 pekerja rentan. Penyerahan ini diserahkan langsung di Pelabuhan Malundung, Jumat (15/12/2023)

Gubernur menjelaskan bahwa jaminan sosial adalah bentuk perlindungan untuk memastikan pemenuhan kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap peserta dan keluarganya..

Gubernur mengungkapkan pentingnya kehadiran BPJS Ketenagakerjaan sebagai bagian dari upaya negara memberikan perlindungan kepada masyarakat.

“Sebagai kelanjutan dari peluncuran perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi 35.000 pekerja rentan pada Agustus 2023, pemerintah menambah perlindungan untuk 7.000 pekerja rentan di sektor pekerja petani, pekebun, nelayan, pedagang keliling, tenaga buruh harian lepas, tenaga bongkar muat, dan buruh angkut selama 2 bulan,” katanya.

Untuk diketahui, total perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan oleh Provinsi Kalimantan Utara mencapai 42.000 pekerja rentan dengan alokasi dana sebesar Rp235.200.000,-.

Karena itu ia menegaskan bahwa serah terima kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan hari ini adalah bukti konkret kehadiran negara dalam memberikan perlindungan sosial kepada seluruh pekerja dan keluarganya.

“Kepentingannya bagi pekerja memiliki perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk meningkatkan rasa aman saat bekerja dan memberikan kepastian keberlangsungan ekonomi bagi keluarga pekerja dalam situasi yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Gubernur mengajak semua pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah provinsi hingga pemerintah desa, untuk aktif berpartisipasi dalam penguatan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Gubernur mengakhiri sambutannya dengan mengucapkan terima kasih kepada pekerja rentan yang hadir, mengapresiasi dedikasi mereka, dan berharap bahwa program kepesertaan ini akan memberikan manfaat nyata.

Selain itu, Gubernur menyampaikan rasa terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan, perusahaan, instansi terkait, dan semua pihak yang berkontribusi dalam merealisasikan program ini.

“Semoga program ini sukses dan memberikan dampak positif bagi semua pekerja di daerah, mewujudkan Kalimantan Utara yang berubah, maju, dan sejahtera,” harapnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kaltara, Haerumuddin. Kehadiran juga terlihat dari Kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Kalimantan Utara, Wahyu Diannur, dan jajarannya, Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Tarakan, Kepala PT. Pelindo IV Regional Kota Tarakan, Kepala Koperasi TKBM Kota Tarakan, serta Ketua Asosiasi TKBM Pelabuhan Malundung, peserta penerima bantuan. (dkisp)

Iklan



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here